Diskominfo Demak Ikuti Rakor Simulcast dan Sosialisasi TV Digital

Demak - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak mengikuti Rapat Koordinasi Simulcast terkait pelaksanaan migrasi sistem siaran televisi analog ke digital di Provinsi Jawa Tengah oleh Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Kamis (11/11).

Rakor Dipimpin oleh Plt Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Geryantika Kurnia dan narasumber Ketua KPID Jateng Muhammad Aulia Asyahiddin, dan Staf Khusus Menteri Kominfo Rosarita Niken Widiastuti.

Geryantika Kurnia, dalam paparannya menjelaskan terkait persiapan migrasi sistem siaran televisi dari siaran analog ke digital.

"Dalam hal ini kita perlu proses izin untuk TV analog beralih ke TV digital. Dan ini semua butuh proses, proses sosialisasi atau mengkampanyekan program TV analog supaya beralih ke TV digital," Katanya.

"Dengan begitu nantinya kita bisa mempunyai gadget yang tidak perlu khawatir akan kuota internet. Di eropa ini sudah jalan seperti itu, tapi kita belum bisa jalan. Jadi nanti dari TV analog kita bisa beralih ke TV digital dan tidak perlu dengan adanya kuota internet," sambungnya.

Dirinya mengimbau untuk seluruh televisi lokal yang belum beralih ke digital supaya segera dapat beralih ke televisi yang digital.

"Kami imbau untuk televisi lokal supaya dapat beralih ke simulcast atau TV digital, supaya kami semua bisa segera menikmati acara dengan menggunakan TV digital," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPID Jawa Tengah Muhammad Aulia Asyahiddin mengatakan, di Jateng ini secara aktual belum memahami pentingnya TV analog ke digital, jadi kita perlu sosialisasikan.

"Kami KPID Jateng, kami siap dengan apapun situasinya, siap mendukung peralihan analog ke digital," tegasnya.