Satlantas Polres Batang Edukasi Prokes saat Operasi Zebra

Batang - Satlantas Polres Batang berupaya mengintensifkan untuk mengedukasi masyarakat supaya menatuhi protokol kesehatan pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi mulai 15-23 November 2021.

Kasatlantas Polres Batang AKP Adis Dhani Garta mengatakan, salah satu tujuan Operasi Zebra Candi ini untuk menurunkan COVID-19, maka petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Kodim 0736/Batang akan menggelar patroli di tempat-tempat yang mengundang kerumunan.

“Operasi akan digelar di kafe, rumah makan, pasar tradisional dengan memberikan imbauan,” katanya, saat ditemui, di halaman Mapoles Batang, Kabupaten Batang, Senin (15/11).

Satlantas juga akan berkonsentrasi pada titik-titik yang rawan terjadi kecelakaan lalulintas.

“Kami akan memantau beberapa area seperti ruas jalan Tol Batang-Semarang KM 342-384 sepanjang 42 km. Koordinasi akan dilakukan dengan Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) untuk membantu kelancaran Blue Light Patrol (BLP),” terangnya.

Ia menambahkan, apabila dalam operasi tersebut ditemukan pengendara yang menggunakan kendaraaan yang tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), petugas lebih mengedepankan edukasi.

“Jika ditemukan kendaraan yang menggunakan knalpot dengan kebisingan yang mengganggu publik, akan ditegur secara simpatik dan diarahkan ke bengkel terdekat didampingi petugas, untuk membongkarnya,” pungkasnya.