Bupati Pemalang Pimpin Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana

Pemalang - Pemerintah Kabupaten Pemalang bersama Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang melaksanakan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana Tahun 2021, di Sirkuit Objek Wisata Pantai Widuri. Apel yang dipimpin Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, diikuti Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, OPD, PMI, dan Baznas Pemalang. Selasa (16/11)

Dalam arahannya, bupati mengajak kepada seluruh yang hadir di acara tersebut untuk menjadikan kegiatan apel gelar pasukan sebagai wujud komitmen bersama dalam mempersiapkan upaya penanggulangan bencana alam baik kesiapan yang berkaitan dengan sarana prasarana maupun sumber daya manusianya.

Bupati mengemukakan, dalam upaya penanggulangan bencana alam, baik TNI/Polri, dan segenap pihak terkait harus bekerjasama dan membangun sinergitas.

"Semua itu dilakukan agar upaya penanggulangan bencana alam dapat berjalan lancar, efektif dan efisien. koordinasi yang baik antara Pemda, TNI/Polri," ujar bupati.

Hal ini, menurut bupati Pemalang, akan mempermudah operasi penanggulangan bencana alam pada situasi tanggap darurat.

Bupati menambahkan, apel siaga gelar pasukan merupakan langkah awal persiapan bagi para petugas penanggulangan bencana yang seyogyanya juga harus ditindaklanjuti pula dengan kegiatan-kegiatan lainnya, diantaranya dengan melakukan pemetaan potensi bencana dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana. Dengan mengetahui tingkat kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, maka kita dapat melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mempersiapkan segenap komponen masyarakat untuk ikut mendukung dan membantu segala upaya penanggulangan bencana alam.

"Keberhasilan dari upaya penanggulangan bencana yang kita lakukan akan meminimalisir dampak yang dirasakan masyarakat," ujarnya.

Selain memeriksa peserta gelar pasukan, dalam apel tersebut, bupati bersama Forkopimda mengecek hampir seluruh peralatan yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam.