Bunda PAUD Pekalongan Dorong Pola Pengasuhan Anak yang Baik

Kota Pekalongan - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi Pengasuhan Positif, Pengasuhan Era Digital, Deteksi Dini dan Pencegahan Kekerasan pada Anak di Aula kecamatan setempat, Senin (15/11). Kegiatan ini untuk mendorong pola pengasuhan yang baik sekaligus sebagai upaya pencegahan kekerasan pada anak.

Bunda PAUD Kecamatan Pekalongan Barat, Tutut Estining Putri mengungkapkan bahwa perkembangan dunia digital saat ini memberi kemudahan dalam berbagai segi kehidupan, tetapi banyak juga sisi negatifnya termasuk jarak antara orang tua dengan anak.

"Cara pengasuhan dengan gadget memang menjadi jalan pintas untuk menenangkan anak, tapi pengaruh instan bukan pilihan baik bagi anak. banyak risiko yang harus dihadapi, tetap harus ada batasan dalam penggunaannya," terang Tutut.

Menurut Tutut, pengasuhan anak dalam perkembangan teknologi digital menjadi sangat penting.

"Teknologi telah memudahkan kita, namun jangan sampai kita tidak bijak dan malah merusak masa depan anak-anak kita. Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiran dan pelukan orang tuanya dibandingkan gadget di genggamannya," jelas Tutut.

Tutut juga menjadi narasumber dalam sosialisasi ini bersama Fasilitator Pendidikan Keluarga, Tri Yulianti dan Fasilitator Safe4C, Arif Sulistiyono Kegiatan ini menyasar Bunda PAUD Kelurahan, Pokja Bunda PAUD Kecamatan, Kader, Guru PAUD, Persit, dan Bhayangkari.

Sementara itu, Fasilitator Safe4C Arif Sulistiyono memaparkan Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment for Children) yang bertujuan untuk membangun lingkungan yang aman dan ramah bagi anak.

"Program ini dilaksanakan oleh Yayasan Setara bekerjasama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah didukung oleh UNICEF," beber Arif.

Disampaikan Arif bahwa dibutuhkan sebuah gerakan di masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai perlindungan anak.