Pemkot Zuhai Bantu 50 HEPA Ventilation untuk Tangani COVID-19 di Solo

Solo – Pemerintah Kota Zhuhai, China, memberikan bantuan hibah berupa 50 HEPA Ventilation Untuk Unit Penanganan Covid-19 di Kota Surakarta di Depan Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, Selasa (16/11).

Bantuan tersebut diserahkan melalui Bea Cukai Surakarta yang ditujukan kepada Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Barang tersebut dikirim melalui barang kiriman pos dari Kota Zhuhai, Republik Rakyat China.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang menerima bantuan secara langsung memberikan apresiasi tinggi atas kerjasama dengan Pemerintah Kota Zhuhai dengan Bea Cukai Kota Surakarta yang memperlancar pengiriman serta penyerahan bantuan tersebut.

“Barang hibah tersebut tiba di Surakarta pada hari Kamis, 11 November 2021 di Kantor Pos Lalu Bea Surakarta,” ujar Kepala Kantor Bea dan Cukai Surakarta, Budi Santoso.

Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi secara intens dengan pihak Pemkot Solo sejak ditandatanganinya Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor SKMK- 4/WBC.10/KPP.MP.03/2021 pada tanggal 18 Oktober 2021.

“Kecepatan serta pemberian Fasilitas Pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor adalah wujud komitmen kami untuk mendukung penuh program pemerintah sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam penanggulangan wabah pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Surakarta dan sekitarnya,” tegasnya.

Fasilitas pembebasan yang diberikan Bea Cukai Surakarta sudah sesuai dengan yang tercantum dalam PMK Nomor 92/PMK.04/2021.

Dalam kurun waktu 2021 ini, Bea Cukai Surakarta telah beberapa kali memberikan fasilitas pembebasan yang juga bekerja sama dengan Pemkot Solo, diantaranya hibah tabung oksigen pada Juli lalu.

“Sampai saat ini, nilai barang yang telah difasilitasi oleh Bea Cukai Surakarta kurang lebih Rp1,8 miliar dengan jumlah bea masuk dan pajak-pajak yang dibebaskan adalah sebesar kurang lebih Rp320 juta,” tutup Budi.