Disdukcapil Demak Beri Kemudahan Masyarakat Urus Surat Pindah

Demak – Mengurus surat kepindahan itu sangat penting sebagai dasar untuk mengurus status seperti membuat KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk) El (Elektronik) dan menghindari data ganda.

Ha ini dikatakan Kasi Pindah Data dan Pendataan Penduduk Dindukcapil Kabupaten Demak, Sukarsih, Selasa (16/11), saat ditemui usai talkshow di Radio Suara kota Wali (RSKW) 104.8 FM.

“Jika perpindahan tidak di urus sesuai arahan dari menteri, takutnya misal saat ini pandemi COVID-19, suatu saat jika membutuhkan akan kesulitan. Ada bantuan juga akan kesulitan,” terangnya.

Ia mengatakan, sebagian masyarakat tidak mau mengurus surat pindah dengan alasan yakni pengurusannya sangat susah dan membutuhkan biaya. Padahal, lanjutnya, mengurus surat pindah itu mudah bahkan tidak perlu pengantar dari RT, RW maupun desa serta tidak dipungut biaya sama sekali.

“Mindset masyarakat mengurus surat pindah susah dan mebutuhkan biaya itu karena mereka mengandalkan jasa orang lain atau calo. Sebaiknya masyarakat harus mengurus sendiri dan tidak dititipkan, karena sebenarnya mudah. Hanya menggunakan KTP dan KK bisa,” kata Sukarsih.

Dirinya mengatakan, adapun klarifikasi perpindahan penduduk seperti dari desa ke desa, pindah antar desa ke satu kecamatan, pindah antar kecamatan satu kabupaten, pindah satu kabupaten dalam satu Provinsi, kemudian ada yang pindah antar provinsi.

“Mereka itu yang dibutuhkan apa? Semua kepindahan mudah yang penting online sendiri atau datang sendiri, kalau pake orang lain pasti ada uang lelah atau bensin lah, itu yang memberatkan,“ katanya.

Ia mencontohkan, jika melakukan perpindahan satu Kabupaten dalam satu Provinsi.

"Misal dari Bandung orangnya di Demak, tapi data kependudukan di Bandung, nah kami dari Disdukcapil difasilitasi untuk online secara whatsapp. Jadi satu Nusantara saling berhubungan saling membantu," jelasnya.

“Alhamdullialah dengan pelayanan sekarang sangat membantu masyarakat. Jadi tidak harus datang kesana untuk mengurus data,” pungkasnya.