Tarik Minat Warga, Polsek Pekalongan Utara Gelar Vaksinasi Berhadiah Lauk Pauk

Kota Pekalongan - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat warga melakukan vaksinasi COVID-19, salah satunya yang dilakukan oleh jajaran Polsek Pekalongan Utara dengan menyediakan doorprize lauk pauk berupa 7 ekor ikan tongkol dan 20 bungkus sayuran bagi peserta vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi ini pun mendapatkan antusias warga Kota Pekalongan khususnya mereka yang tinggal di wilayah Pekalongan Utara yang sejak Rabu (17/11) pagi pukul 07.00 WIB mendatangi Mapolsek Pekalongan Utara.

Kapolsek Pekalongan Utara AKP Joko Hendro Sulistiyo mengungkapkan bahwa, kegiatan vaksinasi berhadiah ini merupakan bagian dari andil jajarannya untuk meningkatkan antusiasme warga melakukan vaksin. Menurutnya, sebelum pos pelayanan vaksinasi dibuka, sejak pukul 07.00 WIB, banyak warga antusias mendatangi Mapolsek setempat untuk mendapatkan suntikan vaksinasi.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi berhadiah ikan tongkol dan sayuran adalah agar warga Kota Pekalongan khususnya di wilayah Pekalongan Utara mau mendatangi Polsek untuk divaksin. Alhamdulillah sampai sekarang sudah berjalan kegiatan vaksin,antusias masyarakat banyak sekali, tadi jam 7 sudah pada datang,” tutur AKP Joko.

Disampaikan AKP Joko, sebelumnya pihaknya telah membuat flyer informasi pelaksanaan vaksinasi berhadian ini yang disebarluaskan ke warga melalui Bhabinkamtibmas. Sehingga,pihak bersyukur, banyak warga dari mulai kalangan lanjut usia (lansia), ibu hamil, hingga warga berusia 12 tahun ke atas rela datang ke Polsek untuk bisa divaksin. AKP Joko menyebutkan, alasan dipilihnya doorprize berhadiah 7 ekor ikan tongkol dan 20 bungkus sayuran ini adalah pihaknya ingin membudayakan bahwa, masyarakat Kota Pekalongan khususnya di wilayah Pekalongan Utara untuk gemar makan ikan dan sayur.

“Kami sediakan 7 ekor ikan tongkol karena mengikuti sunnah Nabi. Ikan tongkol ini kami bekerjasama dengan pengusaha ikan yang membantu menyukseskan pelaksanaan vaksinasi berhadiah ini. Doorprize 7 ekor ikan tongkol ini kami berikan kepada warga yang menjadi peserta vaksin dengan mengundi nomor undian dari digit nomor KTP yang bersangkutan. Sedangkan, untuk hadiah 20 bungkus sayuran itu khusus diberikan bagi 20 pendaftar pertama yaitu peserta vaksinasi dari nomor 1 sampai 20 berhak mendapatkan hadiah sayur mayur,” paparnya.

Lebih lanjut,AKP Joko menambahkan,dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini menargetkan 350 orang warga Kota Pekalongan yang belum divaksin bisa mendapatkan suntikan vaksinasi. Pihaknya juga menyampaikan bahwa, di kegiatan vaksinasi serupa, rencananya jajaran Polsek Pekalongan Utara juga menginisiasi ide-ide kreatif lain untuk pelaksanaan vaksinasi berhadiah pada kesempatan waktu berikutnya sebagai upaya menarik minat warga Kota Pekalongan untuk mengikuti vaksinasi.

“InshaAllah kami akan memberikan ide kreatif inovasi lainnya dalam mengajak warga agar mau divaksin,seperti karena Kota Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik,maka kami di pelaksanaan vaksinasi berikutnya akan melaksanakan vaksinasi berhadiah batik kepada warga,baik itu berupa baju batik maupun sarung batik. Selain meningkatkan cakupan vaksinasi, hal ini sebagai upaya melestarikan budaya batik Kota Pekalongan. Jadwal vaksinasi berhadiah berikutnya rencananya akan dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kandang Panjang dan Kelurahan Bandengan pada tanggal 26 November 2021,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi berhadiah ini, Kapolres Pekalongan Kota,AKBP Wahyu Rohadi juga turut berkesempatan hadir untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi berhadiah yang digelar oleh Polsek Pekalongan Utara. Kapolres Wahyu juga ikut membantu memberikan tambahan hadiah bagi peserta vaksinasi berupa paket sembako.