Baznas Palembang Bakal Gulirkan Program Sedekah Rumah

Palembang - Badan Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah (Baznas) Kota Palembang bakal memberikan bantuan rumah kepada masyarakat tidak mampu yang belum memiliki rumah secara cuma-cuma.

Hal ini diungkapkan Ketua Baznas Kota Palembang, M . Ridwan Nawawi, usai peresmian program bedah rumah milik Siti Aisyah di Jalan Kenanga lorong Dahlia, Kecamatan Ilir Timur I, Selasa (16/11).

"Insya Allah tahun depan kita akan memberikan bantuan sedekah rumah ini dengan mengandeng REI untuk memberikan bantuan rumah full bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan belum punya rumah," ujarnya.

Syaratnya, lanjut Ridwan, warga ini diajukan oleh pihak RT/RW atau kelurahan setempat yang benar-benar tidak mampu dan tidak punya rumah.

"Tentunya akan kami seleksi lagi dengan ketat dan benar-benar dilakukan dengan transparan," kata dia.

Ia mengatakan program ini akan dilakukan dua bulan sekali dengan target setahun ini ada 6 rumah yang akan diberikan.

"Jadi bantuan rumah ini kita berikan satu rumah utuh lengkap dengan sertifikat tanah, bangunan sehingga pemilik langsung menempati. Sebelumnya ini program rehab rumah tapi kita ganti dengan sedekah rumah," ungkap dia.

Ia menjelaskan, untuk program bedah rumah tetap berjalan dan ditargetkan sebulan sekali Baznas akan melakukan bedah rumah setiap bulan.

"Setiap tahun biasanya kita empat sampai lima rumah yang dibedah dan kita targetkan tahun depan itu setiap bulan," ungkap dia.

Ia mengaku optimistis ini bisa dilakukan karena kesadaran ASN untuk menyalurkan zakatnya cukup besar.

"Alhamdulilah kesadaran ASN untuk berzakat ini meningkat hampir 30 persen dan setiap bulan zakat ASN imi terkumpul 300 sampai 350 juta perbulan dengan target hingga akhir tahun Rp1 miliar," ungkap dia.

Pihaknya pun gencar setiap hari melakukan sosialisasi kepada ASN berzakat.

"Setiap hari kita gencar melakukan sosialisasi kepada ASN karena selama ini banyak yang salah hitung, infak masukkanya zakat. Infaqk itu sunnah, zakat wajib. Wajib ini yang harus didahulukan, kalau dalam hitungan gaji Rp3,4 juta per bulan hanya R85 ribu tidak berat sebenarnya," tegas dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan sangat mengapresiasi sekali dengan program-program dari Baznas ini.

"Hari ini kita melakukan bedah rumah yang ke-22 dan kami sangat senang karena lewat Baznas mampu membantu masyarakat kurang mampu," tegas dia.

Bahkan, ujar Fitri, rencana sedekah rumah yang akam dilakukan Baznas ini akan diberikan lahan, rumahnya sehingga sangat membantu.

"Kita sangat senang kalau memang program sedekah rumah ini berjalan ini sangat membantu sekali," pungkasnya.

Sementara itu, raut wajah bahagia terlihat jelas dari wajah Siti Aisyah yang kini rumahnya sudah tak berdindingkan kayu lagi.

"Alhamdulilah senang dan bersyukur sekarang tidur sudah bisa nyenyak tapi saat ini kami belum ada listrik dan PDAM semoga segera ada," ujar wanita berusia lanjut usia yang baru saja ditinggal sang suami tercinta.