Dinkes Mabar Gelar Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta Dukung Germas

Labuan Bajo - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Kesehatan menggelar Pertemuan Peran Dunia Usaha Swasta dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menuju masyarakat yang hidup bersih dan sehat serta berkualitas, di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Rabu (17/11).

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Manggarai Barat Ismail Surdi didampingi kadis Kesehatan Paulus Mami.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menghasilkan komitmen bersama lintas sektor dan Dunia Usaha Swasta untuk mengimplementasikan GERMAS dilingkungan masyarakat dan meningkatkan Koordinasi dan Advokasi Lintas sektor dalam rangka mewujudkan pelaksanaan GERMAS.

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI melalui Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dimana mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Asisten Ismail Surdi dalam sambutannya mengatakan sebagaimana kita ketahui, derajat kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan, ketersediaan dan akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas, sosial budaya dan faktor lingkungan.

"Upaya promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kesakitan dan kematian. Hal ini memerlukan gerakan yang sistemis dan terus menerus, untuk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat," imbuh Ismail.

GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Dengan GERMAS, diharapkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat semakin meningkat," ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

"Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat, termasuk kita semua yang hadir di ruangan ini pada hari ini," ucap Ismail Surdi.

Asisten III berharap agar seluruh peserta pertemuan tersebut dapat memberikan pernyataan komitmen sesuai dengan bidang tugasnya untuk komitmen dan konsisten menerapkan kegiatan-kegiatan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, tempat kerja maupun di lingkungan lainnya.

"saya mengajak kita semua yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan selanjutnya pada akhir kegiatan ini bersedia untuk membuat pernyataan komitmen yang nantinya akan kita evaluasi pelaksanaannya pada pertemuan- pertemuan selanjutnya," pungkasnya.

(Syarif ab)