Dispaperta Batang Siapkan 200 Petani Milenial untuk Berinovasi Modernisasi Pertanian

Batang - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang berencana untuk merekrut 200 petani milenial yang fokus pada komuditas holtikutura, perkebunan, dan tanaman pangan. Nantinya petani milenial akan mendukung ketahanan pangan dengan adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

“Ada 200 orang petani muda ini akan kita bagi, 100 untuk holtikultura, 50 orang komoditas pertanian pangan dan 50 orang untuk perkebunan,” kata Kepala Dispaperta Kabupaten Batang saat ditemui di PSDKU UNDIP Batang, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Kamis (18/11).

Ia mengatakan sengaja memilih petani muda untuk menjadi petani milenial agar adanya inovasi, serta semi modernisasi pertanian.

“Saya akan tata dan ikutkan dalam keanggotaan koperasi yang sudah kita bentuk,” jelasnya.

Ia menjelaskan, petani milenial akan diseleksi dahulu dengan melihat keahliannya, seperti ahli untuk tanaman kelengkeng, mangga durian, tanaman padi dan lainya.

“Tanaman buah dan tanaman apapun itu harus di treatment agar bisa menghasilkan yang luar biasa. Karena tanaman yang tidak sesuai kulturnya harus di treatment kalau untuk bisa berbuah,” terangnya.

Diharapkannya, 200 petani milenial ini bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat. Sehingga banyak pemuda sukses di bidang pertanian.