BPOLBF Gelar Media Gathering Pengembangan Pariwisata Kawasan Floratama

Labuan Bajo - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyelenggarakan Media Gathering dengan tema “Diskusi, Komunikasi, dan Kolaborasi Media dalam Pengembangan Pariwisata Kawasan Floratama” selama dua (dua) hari pada 21-22 November 2021 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Media gathering ini melibatkan 30 jurnalis, baik media lokal maupun nasional online, tv dan cetak dari daerah koordinatif BPOLBF.

"Dalam rangka mempererat komunikasi antara BPOLBF dan Media yang juga merupakan satu dari lima unsur pentahelix yang memiliki kekuatan untuk mendukung pembangunan, dalam konteks ini pengembangan pariwisata Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama)," ungkap Dirut BPOLBF Shana Fatina saat membuka kegiatan, Minggu (21/11)

Shana menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat komunikasi informasi terkait berbagai program kerja BPOLBF dalam pengembangan pariwisata di Kawasan Floratama, baik yang sudah terlaksana pada tahun 2021 dan target capaian dari program kerja di 2022 nantinya.

Seiring dengan berkembangnya Media Massa berbasis teknologi digital sebagai arus utama penyebaran informasi publik saat ini, peran insan Media sebagai pembawa perubahan melalui jurnalisme menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam pertukaran informasi global.

Shana meyakini pentingnya komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi berbagai pihak terutama peran serta para Jurnalis dan pegiat media lainnya melalui pemberitaan yang ramah pariwisata, yang menampilkan wajah bersahabat dari pariwisata Floratama (Flores, Lembata, Alor, dan Bima).

"pemberitaan yang ramah pariwisata, yang menampilkan wajah bersahabat dari pariwisata Floratama menjadi salah satu kunci penting yang bisa menjamin rasa aman, serta tumbuhnya kepercayaan publik terhadap pariwisata Floratama yang tidak hanya menggantungkan diri pada kemapanan infrastruktur, tetapi juga pada kemapanan Sumber Daya Manusianya," imbuhnya.

Diketahui, agenda media gathring antara lain yaitu pembahasan Komitmen Bersama dan Deklarasi Mengawal Pengembangan Parekraf Berkelanjutan Floratama dan Komitmen Mengawal Jurnalisme Ramah Pariwisata.