Jadi Bupati Batang Sehari, Theo Sampaikan Aspirasi Anak

Batang - Mendapat kesempatan menjabat sebagai Bupati Batang sehari, dalam program "Kids Take Over" untuk memperingati Hari Anak Sedunia, Theofilia berupaya menyampaikan isu-isu hangat seputar anak-anak di masa pandemi COVID-19, serta menyampaikan aspirasinya.

“Jadi bupati sehari sempat diliputi rasa cemas, karena acara ini dilihat banyak orang, apalagi dihadiri bupati dan wali kota yang sebenarnya, walaupun secara virtual,” katanya saat ditemui, di aula DP3AP2KB Kabupaten Batang, Senin (22/11).

Ia mengatakan, selama ini memang pemerintah sudah berupaya merealisasikan harapan anak, namun dirasa ada beberapa hal yang belum tersampaikan karena terlalu banyak filter.

“Setelah merasakan menjadi pejabat publik di Kabupaten Batang, ternyata perlu ada kerjasama yang solid antara kepala daerah dengan forum anak untuk mewujudkan Pemda yang peduli terhadap keinginan dan harapan anak,” jelasnya.

Beberapa aspirasi yang disampaikan yakni perlu dilakukan evaluasi materi yang disampaikan setiap bulannya dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan perlu ada konferensi forum anak yang digelar di tiap kecamatan.

Theofilia yang saat ini menjadi mahasiswi Sastra Inggris di salah satu universitas di Yogyakarta itu bercita-cita untuk menjadi duta besar di Australia dengan harapan mampu meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia ke arah lebih baik.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Batang Supriyono mengutarakan, kegiatan tersebut menjembatani anak-anak yang berpotensi untuk menyampaikan aspirasinya ketika diberi kesempatan menjadi kepala daerah.

“Di Batang sudah diwakili oleh Theofilia sebagai Bupati Batang , Huda sebagai Kepala DP3AP2KB dan Khairil Anwar sebagai Ketua Forum Anak,” ungkapnya.

Kegiatan ini menjadi sarana mereka untuk maju di masa pandemi, sesuai tema yang diangkat, yakni anak-anak ingin tetap berekspresi, berkarya di tengah pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, Hari Anak Sedunia yang diperingati tiap 20 November, tahun ini dirayakan oleh Forum Anak se-Jawa Tengah dengn menduduki jabatan-jabatan strategis di jajaran Pemda masing-masing di antaranya sebagai bupati, kepala dinas bahkan ada pula yang menjabat sebagai ketua DPRD.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama antara UNICEF, Forum Anak Jawa Tengah, Pemprov Jateng dan Pemerintah Kabupaten/Kota.