Wawako Solo Lepas 32 ASN Pemkot Purna Tugas TMT 1 Desember

Solo – Wakil Wali Kota Teguh Prakosa melepas 32 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki masa pensiun Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Desember 2021 di Bale Tawangarum Kompleks Balaikota Surakarta, Selasa (23/11).

Dalam arahannya, Teguh mengatakan sebagai pelayan masyarakat PNS dituntut memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat hingga purna tugas.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Surakarta, saya memberikan hormat dan apresiasi pada Bapak – Ibu sekalian yang telah mengabdi dan memberikan waktu dan tenaganya, mencurahkan pikiran serta berkontribusi dalam membangun Kota Solo menjadi salah satu kota paling berpengaruh di Indonesia,” jelas Teguh.

Banyak penghargaan yang diraih Kota Surakarta, lanjutnya, bukan karena peran satu atau dua orang namun sebagai satu kesatuan aparat dan pelayan dari Pemerintah Kota Surakarta.

Para purna tugas masih dapat berperan pun usai pensiun dari segala tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Para pensiunan tetap bisa mengabdi pada masyarakat dan tetap bisa berinovasi dan bekerja untuk  memberikan manfaat baik untuk keluarga maupun masyarakat lingkungannya.

Pada masa berperan dalam masa Pandemi dan asaca Pandemi Covis 19, pengalaman, kematangan, ketenangan dan kesabaran dari para senior sangat diperlukan oleh generasi muda.

“Apapun bentuknya pemerintah terbuka menerima masukan dan kritik dari para senior. Kami masih membutuhkan bimbingan untuk menjawab segala permasalahan kota dan lingkungan Pemerintah Kota Surakarta,” ungkapnya.

Wawali secara khusus mendoakan para pensiunan supaya diberikan kesehatan, panjang umur dan kesejahteraan dalam masa pengabdian berikutnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala BKPPD yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta menjelaskan, kegiatan pelepasan para ASN dimaksudkan untuk menghantarkan tugas akhirnya sebagai abdi negara dan masyarakat serta sebagai bentuk ucapan terima kasih atas pengabdian dan loyalitas yang diberikan kepada Pemerintah Kota Surakarta.

“ASN yang dihantarkan pada hari ini yaitu ASN BUP TMT 1 Desember 2021 sejumlah 32 orang dari sejumlah OPD,” katanya.

Para ASN yang akan memasuki masa purna tersebut berasal dari pejabat struktural eselon 3 (2 orang); pejabat struktural eselon 4 sebanyak 2 orang; fungsional guru sebanyak 19 orang dan fungsional lainnya sebanyak 9 orang.

Pemerintah Kota Surakarta memberikan rincian tunjangan hari tua serta rincian pensiunan pertama yang akan diterima secara non tunai melalui bank mitra bayar yang telah ditunjuk masing – masing terhitung mulai tanggal 1 Desember 2021 sehingga PNS yang purna tidak perlu lagi ke PT Taspen.