Pemkab Ngawi Gelar Sosialisasi Gemarikan

Ngawi - Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi sosialisasikan program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) bersama Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar, di Sumber Air Sidorejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Selasa (23/11).

Kadis DPP Kabupaten Ngawi Bonadi menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait manfaat mengonsumsi ikan mengingat saat ini persentase konsumsi ikan di Ngawi masih cukup rendah dan angkanya di bawah dari provinsi dan nasional.

"Saat ini persentase konsumsi ikan Kabupaten Ngawi sekitar 24,3 persen, di bawah provinsi 36 persen dan nasional yang mencapai 54 persen,” jelasnya.

Tidak hanya kegiatan ini, diungkapkan Bonadi, bahwa yang dilakukan pemerintah salah satunya sudah dilakukan di sejumlah pekarangan rumah di sekitar Desa Sidorejo berupa penangkaran ikan.

"Seperti yang disampaikan Camat Kendal di Desa Sidorejo ini, banyak keluarga memiliki kolam ikan konsumsi seperti lele dan nila untuk sekedar dikonsumsi," terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar mengatakan, ikan memiliki gizi yang seimbang dan baik, maka sosialisasi makan ikan ke masyarakat itu menjadi hal yang penting terutama mempersiapkan tumbuh kembang anak,

"Kegiatan sosialisasi ini rutin kita lakukan, untuk memasyarakatkan gemar makan ikan atau konsumsi ikan. Sehingga nantinya, balita kita lebih mengenal dan menyukai ikan. Karena, ikan sangat bermanfaat sekali untuk tumbuh kembang balita," terangnya.

Ana Mursyida berharap usai kegiatan ini, ibu yang anaknya masih balita lebih kreatif mengolah ikan bahkan bisa menciptakan makanan dari olahan ikan,

"Sehingga bisa mengonsumsi ikan yang tidak hanya digoreng tetapi dengan berbagai macam olahan dan balita kita bisa senang makan ikan," tandasnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK bahwa ikan dengan kandungan gizi yang seimbang dan gemar mengonsumsi terutama pada anak, akan mampu berdampak pada penurunan angka stunting yang saat ini menjadi isu nasional pada pertumbuhan anak.

"Hal ini sangat berkaitan sekali, dalam upaya pengentasan angka stunting. Sebab, kandungan gizi yang terdapat di ikan sangat bagus, tidak hanya protein tapi juga lemak yang baik untuk pertumbuhan anak," tuturnya.

Di sela kegiatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi juga melakukan penanaman pohon dan menebar benih ikan.