PLHUT Batang Segera Buka Pelayanan Pertengahan Desember

Batang - Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Batang yang kini masih dalam proses pengerjaan, diperkirakan dapat segera memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji dan umrah pada pertengahan Desember mendatang

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengatakan, proses pengerjaannya masih berlangsung, dan masyarakat harus sedikit bersabar, karena demi memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji di Kabupaten Batang.

“Nanti ini akan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat di ruangan ini dan bisa pula dimanfaatkan untuk kegiatan pertemuan dengan jamaah, atau kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah, sehingga lebih representatif,” katanya, saat meninjau Gedung PLHUT, Kantor Kemenag, Kabupaten Batang, Rabu (24/11).

Ia mengharapkan, masyarakat Jawa Tengah sedikit lebih bersabar tentang kapan diizinkannya pelaksanaan ibadah haji maupun umrah di Tanah Suci.

“Kami tetap optimis tahun 2022 jamaah haji asal Jawa Tengah akan berangkat ke Tanah Suci. Jamaah haji Jawa Tengah yang akan diberangkatkan 29.600 orang, tapi kami tidak tahu nanti yang bisa diberangkatkan 100 persen atau 50 persen atau berapa persen,” jelasnya.

Ia menegaskan, semua itu tergantung dari kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Andai kata diberangkatkan semua, prosedurnya sedang kami siapkan. Karena ibadah fisik, tentu kesehatan fisik yang utama, di masa pandemi akan ada protokol kesehatan yang harus ditaati oleh jamaah haji, mudah-mudahan bulan Desember mendatang jamaah umrah sudah bisa berangkat ke Tanah Suci,” harapnya.

Ia menjelaskan, para petugas di bidang pelaksanaan haji dan umrah, saat ini sudah mempersiapkan segala sesuatu persyaratannya dan telah berkomunikasi dengan biro-biro penyelenggara haji maupun umrah.

“Kita tunggu saja kehadiran Menteri Agama tanggal 27 November nanti dari Arab Saudi, untuk mengetahui penjelasannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batang M. Aqsho mengutarakan, meski sedikit terlambat dari target yang direncanakan, namun setelah perjanjian diperbarui akan selesai Desember.

“Rencana awal selesai 4 November, namun diperkirakan akan selesai 14 Desember mendatang. Sekarang progres pembangunan sudah mencapai 86 persen, jadi tinggal sedikit lagi, untuk pemasangan kaca,” terangnya.

Ia menerangkan, nantinya gedung tersebut dimanfaatkan untuk mempermudah pelayanan haji.

“Bank dan petugasnya ada di sini, insyaallah kami siapkan SDM yang berkompeten untuk memberikan pelayanan terbaik,” tandasnya.