Dekranasda Nagan Raya Terkesan dengan UMKM di Pemalang

Pemalang - Ketua Dekranasda Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia Mansur Hidayat melepas kepulangan  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh yang dipimpin ketua Marwati Ibnu Ali di objek wisata Bukit Tangkeban, Kecamatan Pulosari. Perpisahan kedua pentolan Dekranasda tersebut ditandai dengan saling menukar cenderamata khas daerahnya masing -masing, Sabtu (27/11).

Sebelum perpisah, Shanti mengungkapkan kesan yang mendalam selama mendampingi Dekranasda Nagan Raya.

"Padahal baru kemarin datang, sudah mau pergi lagi, jadi rasanya tidak ikhlas untuk berpisah cepat tapi ya memang waktu dan kondisinya tidak memungkinkan. Insya Allah kalau ada waktu kita akan melakukan kunjungan ke Nagan Raya biar sillaturrahmi antara Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Nagan Raya bisa selalu terjaga," ungkapnya.

Shanti berharap pengalaman mereka saat berada di Kabupaten Pemalang dapat bermanfaat untuk selanjutnya diterapkan di Kabupaten Nagan Raya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan permohonan maaf bupati dan wakil bupati Pemalang yang karena kesibukannya sehingga tidak bisa turut mendampingi kunjungan Dekranasda Nagan Raya. Shanti kembali berharap, apabila ada kesempatan Dekranasda dan TP PKK Kabupaten Pemalang bisa bersilahturahmi ke Nagan Raya untuk saling sharing ilmu dan melihat potensi di wilayah setempat.

Sementara itu mewakili Ketua Dekranasda Nagan Raya, Siti Zaidar menceritakan, sejak keberangkatannya dari Aceh pada 23 November dan sampai di Pemalang pada 25 November ada kesan begitu mendalam ketika melihat perkembangan UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang. termasuk seni dan budayanya.

Seperti diketahui sebelumnya, tujuan kunjungan kerja Dekranasda Kabupaten Nagan Raya di Kabupaten Pemalang adalah untuk pengembangan kapasitas dan pengolahan produk hasil karya pada Dekranasda Kabupaten Pemalang. Beberapa tempat yang disambangi rombongan Dekranasda Nagan Raya antara lain sentra produksi sarung goyor di Desa Wanarejan utara, dan Batik di Kecamatan Taman, Galeri produk Dekranasda dan PKK Kabupaten Pemalang, Melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Besar Petarukan, mengunjungi BUMDesma Kecamatan Ulujami dan Meninjau hasil olahan produk ikan serta udang vaname.

Selain itu, berkunjung ke pusat kerajinan galeri waroeng kebon Dukuh Karangpoh, mengunjungi festival kopi di Objek Wisata Igir Kandang Desa Clekatan Kecamatan Pulosari dan terakhir singgah di Objek Wisata Alam Bukit Tangkeban Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari.