Plh Bupati OKU Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Baturaja - Plh Bupati OKU Edward Candra memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung, di halaman Kantor Bupati OKU, Baturaja, Senin, (29/11).

Apel kesiapsiagaan bencana alam ini diawali dengan peninjauan pasukan peserta apel oleh PLH Bupati OKU. Apel ini diikuti oleh perwakilan Dandim 0403 OKU, Polres OKU, BPBD, Satpol PP, Damkar, Orari, Karang Taruna dan Pramuka.

Edward Candra, dalam sambutannya mengatakan, tujuan apel kesiapsiagaan ini adalah untuk menyatukan langkah kesiapsiagaan dan tindakan antisipasi serta tanggap darurat terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Dikatakan Edward, sebagaimana dimaklumi beberapa bulan terakhir ini cuaca alam mengakibatkan adanya curah hujan dengan skala yang cukup tinggi, tentu diperlukan kesiapsiagaan dan kewaspadaan kita semua harus selalu ditingkatkan.

Ditambahkannya, Kabupaten OKU banyak mempunyai aliran sungai terutama sungai Ogan, serta kontur alam yang berbukit-bukit dan aspek geografi, geologi serta tofografi wilayah yang mengakibatkan kerawanan bencana alam.

Di samping itu, jelasnya, kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia ataupun perkembangan pesat kebutuhan pembangunan, diperlukan upaya penanggulangan bencana yang sistematis, terpadu, dan terkoordinasi.

Di akhir sambutannya, Edward Candra berharap sinergi dan komitmen pemberdayaan masyarakat dan membangun partisipasi warga untuk terlibat dalam aksi nyata pencegahan kerawanan dan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat.