Muna Barat Siapkan Bagang Terapung Sebagai Wisata Unggulan

Jakarta - Sebagaimana daerah kepulauan lain di Indonesia, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, banyak menggantungkan ekonomi dari sektor bahari, khususnya perikanan dan pariwisata.

Khusus pariwisata, Sekretaris Daerah L.M Husein Tali menyebutkan bahwa Kabupaten Muna Barat sedang menyiapkan konsep pariwisata bahari yang berbeda dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, yakni penginapan bagang terapung.

"Kami sedang mengembangkan konsep wisata bahari bagang terapung. Jadi di sana nantinya wisatawan yang berkunjung bisa menginap sekaligus merasakan sensasi berburu ikan-ikan seperti layaknya nelayan setempat pada malam hari," ujar Sekda bersama Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Muna Barat Muhammad Nazirun beserta sejumlah anggota DPRD setempat, saat berkunjung ke kantor PT IMQ Multimedia Utama di Wisma Antara, Jakarta, Jumat (3/12).

Dirinya menjelaskan, sambil menunggu desain pariwisata yang menarik, Pemkab Muna Barat sadar betul pentingnya publikasi untuk mengangkat potensi-potensi daerahnya.

"Kami punya namanya terumbu karang kuping gajah, itu satu-satunya di Indonesia, dan juga hampir punah. Ini yang coba kami tawarkan ke wisatawan, namun tentunya butuh publikasi yang gencar, salah satunya melalui kerjasama dengan IMQ melalui layanannya Antara Digital Media," ujar sekda.

Sekda menegaskan, Pemkab Muna Barat siap langsung 'tancap gas' menjual pariwisata di daerah setempat pada 2022 mendatang.

"Pekerjaan rumah (PR) Pemda Muna Barat masih banyak, bagaimana menyiapkan wisata bahari di 36 pulau setempat yang paling tidak bersaing dengan daerah tetangga, Wakatobi. Kami juga akan menyiapkan masyarakat untuk menyambut kedatangan wisatawan ke Muna Barat," tandasnya.

Sementara itu, CEO IMQ Darmadi mengaku siap mendukung Pemkab Muna Barat yang baru akan menggagas wisata bahari unggulan.

"Kami punya jaringan luas di nasional dan internasional. Nantinya konten-konten wisata Muna Barat bisa dipublikasikan di jaringan yang kami miliki. Diharapkan para wisatawan nantinya akan ramai-ramai datang ke Muna Barat," pungkasnya.