Bupati Mukti Ingin Mangga "Istana" Dikenal Sebagai Komoditas Khas Pemalang

Jakarta - Bupati Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, (Jateng), Mukti Agung Wibowo mengharapkan komoditas buah mangga "Istana" kembali dikenal sebagai produk khas Kabupaten Pemalang, yang sebelumnya hanya dikenal oleh masyarakat sebagai komoditas Jateng.

"Buah mangga Istana ini sebenarnya dari Pemalang, tetapi kebanyakan orang hanya tahu kalau buah ini berasal dari Jateng saja," ujar Mukti saat berkunjung ke kantor Antara Digital Media, di Jakarta, Jumat (10/12).

Mukti menambahkan, hal tersebut disebabkan karena kurangnya promosi dan branding terhadap komoditas tersebut sebelumnya.

"Biasanya terjadi saat diterima oleh tengkulak, karena belum ada kemasan yang menunjukkan identitas Pemalang di sana, akhirnya mereka membungkusnya sendiri dan hanya dituliskan 'Jateng' saja," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Pemalang, Muji Syukur mengatakan bahwa komoditas yang berasal dari Kecamatan Watukumpul ini juga sebagai salah satu produk unggulan dari industri komoditas yang ada di Pemalang.

"Selain Kopi Lanang khas Pemalang, buah nanas madu dan mangga Istana juga merupakan komoditas unggulan yang ada di wilayah kami," ucapnya.

Muji menyebutkan, pemerintah juga membantu pelaku usaha dengan menyediakan gerai-gerai khusus untuk menjual produk UMKM guna mendongkrak penjualan.

"Kami juga membantu teman-teman pelaku usaha ini dalam memasarkan produk mereka, baik secara online maupun offline," pungkasnya.