Pemkot Solo Ingin UMKM Jadi Motor Pengerak Ekonomi Kelurahan

Solo – Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menghadiri acara pembukaan Expo UMKM 2021 di Atrium Solo Paragon Mal, Rabu (1/12).

Teguh mengapresiasi acara ini sebagai salah satu wujud dukungan terhadap perkembangan UMKM di Kota Surakarta.

“Selain mendukung pengembangan UMKM, diharapkan expo ini dapat memunculkan keberagaman produk unggulan di kelurahan. Keberagaman produk ini nantinya dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat di keluarahan,” ungkap Teguh.

Teguh juga menyatakan bahwa dengan expo ini pelaku UMKM di kelurahan diberikan akses pasar serta sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka.

“Teman-teman ini harus kita beri akses ke pasar dan kita harus bantu mereka untuk promosi. Ini penting sekali. Kita juga bisa jadikan expo ini untuk menyeleksi dan mengkurasi produk UMKM untuk dapat diikutsertakan pada pameran tingkat regional maupun nasional,” lanjut Teguh.

Lebih lanjut Teguh menambahkan agar event-event serupa juga menyajikan produk-produk kelas menengah ke bawah yang memiliki potensi untuk berkembang.

Acara yang berlangsung pada tanggal 1-3 Desember 2021 ini menyajikan produk-produk unggulan dari setiap kelurahan di Kota Surakarta.

Expo yang mengundang pelaku UMKM dari 54 kelurahan yang memamerkan produk-produk mereka berupa makanan, pakaian, dan kerajinan.