Pemkab Buton dan Universitas Sampoerna Perkuat Kerjasama Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Buton - Pemerintah Kabupaten Buton dan Universitas Sampoerna memperkuat kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mewujudkan masyarakat yang cerdas.

“Ini semua untu meningkatkan kualitas pendidikan demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Buton yang cerdas,” kata Bupati Buton La Bakry, usai menerima delegasi Universitas Sampoerna di Kantor Bupati Buton, Kompleks Perkantoran Pemkab Buton di Takawa, Pasarwajo, Buton, Rabu (2/12).

Ketua DPD Golkar Buton ini mengatakan, Universitas Sampoerna akan mendidik putra-putri Buton terbaik lulusan Sekolah Menengah asal Kabupaten Buton pada program S1.

Menurut La Bakry, Universitas Sampoerna akan mendidik anak-anak lulusan sekolah menengah di Buton pada program S1 dengan seleksi ketat.

“Seleksi akan dilakukan oleh pihak universitas dalam dua tahap. Yang lulus tahap pertama akan di-training dulu baru masuk tes tahap kedua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua DPW Bapera Sultra ini mengungkapkan US bekerjasama dengan Universitas Arizona Amerika. Nantinya, mereka mendapatkan dua ijazah, karena kurikulum sama. Pada semester tertentu mereka akan kuliah di Arizona Amerika.

“Setelah lulus mereka punya pilihan apakah bekerja di perusahaan dan jaringan yang dimiliki Sampoerna group atau kembali ke daerahnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu masih kata La Bakry, mereka juga akan difasilitasi untuk mengikuti program S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Ia berharap pada peserta didik yang ada di wilayah Kabupaten Buton agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Kuota yang dibutuhkan tidak banyak. Dua hingga lima orang. Mereka yang dinyatakan lolos adalah yang memiliki prestasi akademi terbaik. Mudah-mudahan ada anak Buton lolos dalam program ini,” pungkasnya.