Pj Bupati Muara Enim Hadiri Launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar menghadiri secara virtual Launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) dari Desa Lambur, Kecamatan Panang Enim, yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Kabupaten Lahat, Kamis (2/12), dan diikuti oleh 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

Dalam sambutannya, Herman Deru mengatakan bahwa Gerakan SMP ini digalakkan untuk mengubah pola pikir masyarakat yang selama ini hanya bisa membeli menjadi bisa memproduksi sendiri dan yang selama ini menjadi konsumen bisa menjadi produsen.

"Dalam artian, masyarakat kita harus bisa manfaatkan halaman rumah untuk kebutuhan pangan rumah tangga dengan menanan rempah-rempah, sayur mayur termasuk kolam ikan dan lain sebagainya sehingga dapat menekan angka belanja kebutuhan sehari-hari yang dipastikan biaya-biaya tersebut dikeluarkan setiap hari, kan lumayan untuk menekan pengeluaran keluarga yang berujung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan di Sumsel termasuk 17 kabupaten/kota," terang HD,sapaan akrabnya, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru.

Lebih lanjut, HD menginstruksikan dengan tegas kepada seluruh pengelola corporate social responsibility (CSR) di Sumsel untuk mengubah arah CSR-nya di tahun 2022 dengan bertindak nyata mendukung Gerakan SMP ini, termasuk semua pihak terkait lainnya sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

"Wujudkan Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga secara berkelanjutan dari konsumen menjadi produsen," pungkas HD.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar yang didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Hadiono mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim sangat mendukung Gerakan SMP yang merupakan suatu gerakan sangat mulia, terlahir dari ide brilian Gubernur HD untuk mewujudkan Sumsel maju untuk semua.

"SMP merupakan suatu gerakan yang sangat mulia sehingga apapun itu Muara Enim siap mendukungnya dan mulai sekarang ini harus digelorakan karena tingkat kemiskinan masyarakat kita masih tinggi yaitu 12,32%," ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut pula, Pj Bupati Nasrun Umar menyerahkan bantuan SMP secara simbolis kepada masyarakat Desa Lambur Kecamatan Panang Enim.

Nampak hadir, Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani, para kepala perangkat daerah.