Pemkab Demak Fokus Tangani Kemiskinan Ekstrem

Demak – Sebanyak 25 desa yang tersebar di 5 Kecamatan wilayah Kabupaten Demak menjadi fokus penanganan kemiskinan ekstrem. Penduduk miskin ektrem ini merupakan prioritas permasalahan yang perlu segera ditangani.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Ali Makhsun, Rabu (1/12), pada Rakor Persiapan Pelaksanaan  Penanganan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2022 di Ballroom Wakil Bupati.

“Upaya percepatan penanganan kemiskinan ekstrem harus dilakukan secara terintegrasi melalui kolaborasi intervensi, serta validasi data untuk mencapai ketepatan sasaran. Salah satu upaya yang dapat kita dilakukan adalah dengan membuat program dan kegiatan yang berfokus pada penanganan kemiskinan ekstrem,” kata wabup.

Ia menyampaikan, saat ini pemerintah menargetkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia menjadi 0% (nol persen) pada tahun 2024. Untuk itu dirinya mengajak peran serta Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Demak, camat dan seluruh pihak terkait untuk melakukan optimalisasi.

“Kepada para camat diharapakan dapat melakukan pendampingan kepada kepala desa lokus penanggulangan kemiskinan ekstrem. Alokasikan dana desa untuk pengentasan kemiskinan ekstrem seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Program Keluarga Harapan, hingga program padat karya. Tingkatkan pembangunan infrastuktur dasar seperti pembangunan sanitasi, jambanisasi, dan program RTLH,” terangnya.

Wabup menambahkan, upaya strategis lain yang dapat dilakukan yakni dengan menggandeng para pelaku usaha untuk berpartisipasi dengan mengarahkan program CSR-nya untuk bantuan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

"Jalin sinergitas dan tingkatkan komunikasi, koordinasi, dan konsultasi untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya menuntaskan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Demak demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Turut hadir hadir dalam acara tersebut, pihak Bappeda Litbang Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Perwakilan Bappeda Litbang Kabupaten Demak, Plt Kepala Dinsos P2PA dan Segenap Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Demak.