Jabatan Seskot Ambon Disertijabkan Ke Plh

Ambon – Setelah 10 tahun 9 bulan menjabat sebagai Sekretaris Kota (Seskot) Ambon dan masuk purna bakti, A.G Latuheru secara resmi menyerahkan jabatan kepada Pelaksana Harian (Plh) Seskot Rulien Purmiassa, Jumat (3/12).

Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon Syarif Hadler, dalam sambutan pada acara serah terima jabatan (Sertijab), menyatakan, pengisian jabatan seskot merupakan hal yang penting untuk mengisi kekosongan jabatan sementara waktu sebelum penetapan pejabat defenitif.

“Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Rulien Purmiassa, yang hari ini telah menerima secara resmi tugas – tugas dari seskot yang lama, Bapak A.G Latuheru,” katanya di ruang rapat Vlissingen.

Menurut wawali, Plh Seskot Ambon memiliki tugas yang sangat strategis, yaitu membantu kepala daerah dalam hal ini wali kota dan wawali dalam penyusunan kebijakan, pengkoordinasian tugas kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga pelayanan adminstratif.

“Tugas-tugas ini dikerjakan sampai dengan penetapan, pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan seskot Ambon yang defenitif,” katanya.

Meski bertugas dalam waktu singkat, wawali berharap Plh dapat melaksanakan tugas sebaik – baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tupoksi dengan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Purmiassa juga diminta wawali untuk tetap menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan mantan seskot, demi penyelesaian tugas kedepan serta untuk kepentingan masyarakat.

“Plh sesekot jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan Sekot yang lama, jika nantinya ada hal – hal yang perlu perlu ditanyakan atau mungkin yang belum sempat diselesaikan,” jelasnya.

Kepada para pimpinan OPD, wawali meminta agar bisa saling bahu-membahu, satukan langkah untuk maju bersama – sama dalam mendukung tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Purmiassa selaku Plh sembari menunggu pengangkatan seskot defentif.

Sementara kepada A.G Latuheru, Wawali menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setulus- tulusnya atas pengabdian bagi pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

Sosok A.G Latuheru yang menapaki karier birokrasi dari level bawah hingga duduk di berbagai jabatan struktural, sebagai pimpinan OPD hingga menempati jabatan Sekot dan masuk purna bakti dengan pangkat/golongan IV/E, dinilai Wawali sebagai pribadi yang pandai menempatkan diri. Oleh sebab itu semua hal positif yang dimiliki Latuheru dapat dijadikan contoh dan teladan.

“Beliau orang baik, bukan saja sebagai pemimpin, namun juga dapat berperan sebagai orang tua maupun teman di saat – saat tertentu,” tandasnya.

Untuk diketahui, Rulien Purmiasa yang menjabat Asisten Administrasi Umum (Asisten III) telah ditunjuk oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sebagai Plh.Sekot dengan Surat Perintah nomor 800/4559/SEKOT Tahun 2021 tertanggal 30 November 2021.