Pemkab Muara Enim Segera Mutahirkan Data Desa

Muara Enim - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim menggelar Rapat Pemutakhiran Data Desa yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Emran Tabrani, di Ruang Pangripta Sriwijaya, Jumat (3/12).

Dalam arahannya, Emran menginginkan kerjasama dalam pemutakhiran data desa antara pemerintah daerah dengan Badan Pusat Statistik (BPS), seperti melakukan kegiatan sensus.

"Saya kira petugas BPS yang mendata tersebut benar-benar harus berasal dari desa tersebut dengan harapan hasil pendataan itu betul-betul valid agar program pemerintah ini tepat fokus, lokus dan tepat sasaran," ujar Emran.

"Kemudian saya harap ada tim yang dibuat dengan SK Bupati yang melibatkan seluruh stakeholder hingga jajaran tingkat desa dengan nama Sensus Desa Mandiri," sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya kerjasama seluruh stakeholder diharapkan teknik pengambilan data tersebut sesuai dengan SOP, dan seluruh data yang diperoleh oleh masing-masing OPD satu linier yang tentunya akan mempermudah dalam menselaraskan datanya.

"Apabila data yang kita peroleh ini valid berdasarkan keadaan yang ada di lapangan insha Allah angka kemiskinan di Muara Enim dapat menurun seiring dengan lokus fokus dan tepat sasarannya program-program pemkab terkait pemberantasan kemiskinan," pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, para kepala perangkat daerah terkait lingkup Pemkab Muara Enim.