Rempah Unggulan Muara Enim Meriahkan Festival Rempah Sumsel

Muara Enim - Rempah-rempah unggulan dari Kabupaten Muara Enim, seperti Serei Wangi, Rosella, Kayu Manis, dan masih banyak lagi yang lainnya turut memeriahkan Festival Rempah Sumatera Selatan tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel di pelataran Museum Textile, Kota Palembang, akhir pekan lalu.

"Bicara soal rempah, kita semua tahu bahwa Indonesia, Sumatera Selatan kaya akan keanekaragaman rempah-rempah, tapi saat ini hal tersebut sudah hampir terlupakan apalagi bagi generasi muda agak kurang tertarik mengenai rempah ini, karena apa coba, bukan karena eranya atau apa, tapi karena kurangnya sosialisasi mengenai rempah-rempah tersebut," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, saat membuka acara yang ditandai dengan mengalirkan rempah-rempah kedalam wadah kuningan emas bersama Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru.

"Untuk itu, saya instruksikan kepada semua pemangku kepentingan di 17 kabupaten/kota se-Sumsel, terutama Ibu-ibu PKK untuk menginventarisir jenis rempah apa, tumbuh di daerah mana dan berapa yang masih ada (tumbuh) termasuk yang tak kalah penting yaitu mensosialisasikan, mengedukasi para generasi  muda agar memahami akan pentingnya keberlangsungan hidup dari rempah-rempah khas kita karena tanpa rempah apa jadinya gulai pindang, cuko pempek dan makanan khas Sumsel lainnya," pinta Herman Deru.

Di akhir sambutannya, HD memberikan apresiasinya kepada ketua TP PKK Provinsi Sumsel dan TP PKK kabupaten/kota atas inisiasi dan partisipasinya dalam event yang menampilkan jutaan rempah-rempah khas dari seluruh Sumatera Selatan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar (HNU) yang turut hadir bersama Ketua TP PKK Renny Devi Nasrun Umar mengatakan bahwa momen ini sangat baik untuk melihat potensi-potensi rempah-rempah yang ada di Sumsel, khususnya di Bumi Serasan Sekindang.

“Namun, harus ada hal yang dapat kita petik dari event ini yaitu hilirisasi ataupun olahan dari rempah-rempah tersebut yang harus kita pahami, harus kita dukung dan kita sosialisasikan kepada masyarakat ataupun para petani kita termasuk pelaku UMKM di Kab. Muara Enim sehingga dapat menambah nilai ekonomi dari rempah tersebut yang berujung pada kesejahteraan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Muara Enim Renny Devi Nasrun Umar mengatakan bahwa dengan hadirnya bibit unggul tanaman atau rempah-rempah khas dari Bumi Serasan Sekundang yang kita tampilkan termasuk kopi rempah dan minuman rempah serta obat-obatan rempah dalam event ini, maka kita berharap Muara Enim dapat lebih dikenal khalayak ramai.