Pemkab Muara Enim Ikuti Webinar Kemendagri Bahas Refocusing dan Realokasi APBD

Muara Enim - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin, M.Si, dan sejumlah kepala perangkat daerah lingkup setempat, mengikuti web seminar (Webinar) bertema "Solusi Refocusing dan Realokasi Belanja APBD 2020 untuk Percepatan Penanganan dan Penanggulangan COVID-19" yang digelar Kementerian Dalam Negeri, Rabu (20/5).

Bertindak sebagai pembicara kunci, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni, Dirjen Keuangan Daerah Mochamad Adrian, dan Anggota BPK RI Bahrullah.

Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni, dalam arahannya meminta agar pemerintah daerah berpedoman pada regulasi pusat yakni Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing dan Realokasi Anggaran dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan dan Penanganan COVID-19 di Lingkungan Pemda. 

"Dua fokus yang tengah dihadapi, yakni revolusi 4.0, di mana kita harus aktif berkomunikasi dan perubahan, arus teknologi harus dikuasai apalagi di tengah pandemi COVID-19. Lalu, adanya pandemi COVID-19, kita dituntut bisa berinovasi, kreativitas dan disiplin, baik itu pemerintah pusat dan pemda harus bisa merespons dalam rangka penanganan virus corona," ujarnya.

Agus menekankan pentingnya penyesuaian realokasi APBD tahun 2020 terhadap penambahan anggaran untuk kegiatan pada bidang-bidang seperti kesehatan, penanganan bencana, dampak ekonomi dan jaringan pengaman sosial.

"Mari kita bersatu dan bergotong royong, serta berdamai dengan COVID-19 menuju hidup normal (new normal)," ujarnya.