Pemkot Tomohon Ajak Semua Pihak Lindungi Anak dari Kekerasan

Tomohon - Asisten Administrasi Umum, Setdakot Tomohon, Sulawesi Utara, Octavianus DS. Mandagi mengajak semua pihak memberikan perlindungan terhadap anak dari tindakan kekerasan dan diskriminasi.

"Sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu perkembangan dan pertumbuhannya," ajak Octavianus pada pelantikan Forum Anak Daerah di Tomohon, Kamis (9/12).

Perlindungan terhadap anak ini bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia.

Selain itu, mendapatkan perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera.

Dia menambahkan, berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah di bidang partisipasi anak antara lain adalah pembentukan wadah-wadah partisipasi anak.

Pembentukan wadah ini sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasinya dalam proses pembangunan.

"Salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak tersebut adalah mengadakan pertemuan rapat atau kegiatan lainnya di Kota Tomohon," katanya.

Kepedulian dan perhatian pemerintah daerah kepada anak-anak ini, dibentuklah forum anak kelurahan dan tingkat kota.

"Saya sangat bangga dan bersyukur ada anak anak yang dapat mewakili bahkan menjadi pengurus tingkat provinsi sampai nasional," ujarnya.

Dia berharap, anak-anak yang berada dalam forum ini mampu melibatkan diri dan berpartisipasi aktif melaksanakan program program yang sudah dan akan dilakukan ke depan," harapnya.