Pj Bupati Muara Enim Serahkan Penghargaan Hasil Audit Kearsipan

Mua Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar menyerahkan langsung Penghargaan Hasil Audit Kearsipan Tingkat Perangkat Daerah dan Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim, Kamis (9/12) pagi.

"Penghargaan tersebut dapat diraih Perangkat Daerah dan Kecamatan usai mengikuti Audit Internal yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Muara Enim dari Bulan Juni s.d September 2021," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Muara Enim Panca Surya Diharta saat menyampaikan laporannya.

Adapun Perangkat Daerah dengan pengelolaan arsip terbaik diantara 34 Perangkat Daerah yaitu Juara 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muara Enim, Juara 2 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Muara Enim, Juara 3 Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Muara Enim, kemudian untuk pengelolaan arsip terbaik di antara 22 Kecamatan yaitu Juara 1 Kec. Semende Darat Laut, Juara 2 Kec. Lubai Ulu, dan Juara 3 Kec. Tanjung Agung, terang Panca.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar langsung memberikan apresiasinya kepada Perangkat Daerah dan Kecamatan yang dengan sungguh-sungguh mengelola arsipnya dengan baik yang dibuktikan dari hasil audit dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Muara Enim.

"Selamat kepada para Perangkat Daerah dan Kecamatan yang mendapatkan kategori ’Baik’. Semoga terus konsisten menyelenggarakan kearsipan dengan baik sebagai bagian dari tertib administrasi dan menjadi motivasi bagi Perangkat Daerah  maupun Kecamatan lainnya untuk menambah pemahaman dan upaya menyusun strategi dalam perbaikan berkelanjutan atas kinerja dalam penyelenggaraan kearsipan," ucap Pj Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati berharap semoga dengan kegiatan Audit Kearsipan Internal Tahun 2021 dan Tata Kelola Pengelolaan Kearsipan yang telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim ini dapat meningkatkan penyelenggaraan kearsipan yang lebih baik di Pemkab. Muara Enim dalam mendukung pengelolaan arsip yang tertata rapi dan terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia sehingga menjadi simpul memori kolektif pemersatu bangsa.

Di akhir arahannya, Nasrun Umar menekankan kepada seluruh perangkat daerah dan kecamatan agar memiliki gudang atau tempat khusus untuk menyimpan arsipnya sehingga  memudahkan untuk mengidentifikasi dan menjamin keamanan dokumen atau arsip yang disimpan.

Dalam kesempatan tersebut pula,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Muara Enim tidak hanya membagikan hasil audit saja tapi juga mengadakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) di Lingkungan Pemkab. Muara Enim.

Turut hadir, Kepala Arsip Nasional RI (Virtual), Kepala Dinas Kearsipan Prov. Sumsel diwakili Kabid Pengawasan Kearsipan Megi Handayani, seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim dan  Camat se-Kab. Muara Enim.