Petugas Pengelola Informasi OPD Dan BUMD Pemalang Dilatih Jurnalistik

Pemalang - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) jurnalistik bagi petugas pengelola informasi organisasi perangkat daerah (OPD), kelurahan dan BUMD di lingkungan Pemkab Pemalang, Kamis (9/12).

Kegiatan yang diikuti 70 peserta tersebut dibuka Plt. Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Muji Syukur di gedung Sasana Bhakti Praja.

Muji, dalam sambutannya menyampaikan rasa bersyukur karena pada kegiatan ini masing - masing unit kerja atau OPD dapat mengikuti kegiatan ini. Bahkan, pihaknya mengaku kegiatan Bimtek ini adalah kegiatan yang keren.

"Kenapa saya mengatakan kegiatan ini keren karena ini kaitannya dengan penyebarluasan informasi dan saat ini teknologi tersebut yang menguasai dunia," ujarnya.

Sedangkan menanggapi kurang aktifnya website perangkat daerah di server data center yang dalam beberapa bulan terakhir ini, menurut Muji, tentunya menjadi kewajiban semua  perangkat daerah untuk menyampaikan informasinya kepada publik, dan amanat  undang-undang keterbukaan informasi publik menjadi payung hukumnya.

"Harapannya kegiatan ini bisa menjadi sebuah kegiatan yang penting untuk diikuti dari awal hingga akhir kemudian diimplementasikan pada masing -masing unit kerja peserta," ujarnya.

Muji berpesan, para peserta bimtek dapat menyerap ilmu dari narasumber yang ada  lalu diimplementasikan di lingkungannya kemudian hasil karya tersebut dapat di-upload di masing -masing website organisasi perangkat daerah.

"Kedepan akan kita evaluasi masing- masing website perangkat daerah dalam waktu kira- kira dua pekan kedepan. Jadi, hari ini harus benar- benar dinikmati sambil santai," pesan Muji.

Sebelumnya, Kabid PIKP Priyo Agus Murdoko melaporkan, salah satu tujuan diselenggarakannya Bimtek Jurnalistik salah satunya adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan teknis mengunggah berita pada website dan tersebarkanya informasi kegiatan perangkat daerah dan BUMD yang berkaitan dengan upaya pencapaian visi misi Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Beberapa materi bimbingan teknis jurnalistik yang digelar Diskominfo Pemalang meliputi

cara menulis berita yang disampaikan Hayder, kemudian dasar-dasar fotografi dengan narasumber, Bambang Tri Atmojo dan materi yang berkaitan dengan cara mengunggah konten pada website oleh Miftakhul Habiebie.