Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 0736/Batang Donor Darah

Batang - Kodim 0736/Batang menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI-AD, bertempat di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang, Kamis (9/12).

Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra mengajak, masyarakat untuk berbagi dengan sesama karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan masyarakat yang membutuhkan.

“Kita pahami bersama, bahwa sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap darah semakin meningkat. Harus kita sikapi bersama sebagai upaya untuk menolong sesama kita yang sedang mengalami kesulitan,” jelasnya.

Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh PMI khususnya di wilayah Kabupaten Batang saat ini, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang sangat membutuhkannya.

Selain memiliki misi sosial kemanusiaan, kegiatan ini jika ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat sangat positif bagi para pendonor itu sendiri.

“Yaitu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi secara dini jika tengah mengindap penyakit serius,” pungkasnya.