Wawali Surakarta Dampingi Kepala BNPT Resmikan Warung NKRI

Solo – Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menghadiri sekaligus mendampingi Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam peresmian Warung NKRI di Stasiun Balapan Solo, Kamis (9/12).

Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI) merupakan sebuah gerai warung yang dikelola secara gratis oleh enam orang mitra deradikalisasi yang berdomisili di sekitaran Solo.

Warung NKRI menjual berbagai produk UMKM seperti kerajinan tangan, jamu, makanan, dan cemilan ringan.

Konsep Warung NKRI diharapkan menjadi tempat pertemuan yang dapat dititipkan pesan kebangsaan sehingga dapat memberi ruang kepada eks narapidana terorisme (napiter) dan mitra deradikalisasi agar mampu mandiri secara ekonomi.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan Warung NKRI diharapkan dapat mengangkat semangat anti radikalisme dan terorisme.

“Aktivitas perekonomian UMKM di warung ini kita berikan kepada eks-napiter dan penyintas sebagai bentuk pemberdayaan berbasis kesejahteraan,” jelasnya.

Boy juga menambahkan bahwa Warung NKRI dapat digunakan sebagai wadah para eks napiter dan penyintas dapat saling bertemu dan berkomunikasi sehingga dapat terjalin hubungan yang baik dan menyebarkan semangat anti radikalisme.

"Warung ini dapat mempertemukan eks napiter dan penyintas agar rukun. Mereka guyub dalam menatap hari depan. Dan mereka harus yakin ideologi kekerasan radikalisme dan terorisme tidaklah cocok," tambahnya.

Peresmian Warung NKRI merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja sama (PKS) antara BNPT dan PT KAI  yang telah dilaksanakan pada 24 September 2021.

Selanjutnya, akan diadakan pula peresmian serupa di Stasiun Malang Baru dan Gubeng Surabaya, Provinsi Jawa Timur.