Plh Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021 secara virtual yang dipuasatkan di Gedung Juang KPK, Jakarta dari ruang vidcon Pemkab OKU, Kamis (9/12).

Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) diperingati setiap tanggal 9 Desember. Adapun tema HAKORDIA 2021 adalah “Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi”.

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya mengatakan, seluruh pihak harus menyadari bahwa korupsi merupakan extra ordinary crime yang mempunyai dampak luar biasa, oleh sebab itu harus ditangani secara luar biasa juga.

"Saya mendorong KPK dan Kejaksaan Agung agar semaksimal mungkin menerapkan dakwaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk memastikan sanksi pidana dengan tegas," ujar Jokowi.

"Kita juga sudah memiliki beberapa kerja sama internasional untuk pengembalian aset tindak pidana. Perjanjian bantuan hukum timbal balik dalam masalah pidana (Treaty on Mutual Legal Assistance) sudah kita sepakati dengan Swiss dan Rusia," sambungnya.

Jokowi mengatakan, masyarakat menunggu hasil nyata dari pemberantasan korupsi yang langsung dirasakan oleh rakyat melalui terwujudnya pelayanan publik yang lebih mudah dan terjangkau, pembukaan lapangan kerja baru yang lebih bertambah dan berlimpah, serta harga kebutuhan pokok yang lebih murah.

"Penciptaan ekosistem antikorupsi yang berpengaruh besar bagi investasi dan penciptaan lapangan kerja. Investasi masih menjadi motor penggerak ekonomi kita. Target kita nanti di tahun 2022 mencapai Rp1.200 triliun. Hal ini membutuhkan perizinan yang sederhana, lebih cepat, dan bebas korupsi," pungkasnya.