Ciptakan Kenyamanan Akhir Tahun, Pemkot Batang Perkuat Sinergi Lintas Sektor

Batang - Menyambut libur akhir tahun 2021, seluruh lintas Pemerintah Kabupaten Batang bersama Polres dan Kodim Batang, serta organisasi kemasyarakatan berusaha untuk memperkuat sinergi, sehingga mampu menciptakan kenyamanan bagi masyarakat saat menikmati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, dibatalkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 karena Pemerintah pusat telah mempertimbangkan segala sesuatunya secara matang.

“Ternyata dengan pertimbangkan ekonomi, secara nasional memang ditiadakan, tapi masyarakat tetap diminta untuk mengedepankan Protokol kesehatan (Prokes),” katanya, saat memimpin Rakor Lintas Sektor Kesiapan Pengamanan Nataru, di Pendapa Kabupaten Batang, Jumat (10/12).

Ia memastikan, jika Prokes terjaga dengan baik, maka kesehatan masyarakat pun terjamin.

“Kita semua ini adalah pihak yang diamanati oleh negara, untuk mengawal kesehatan masyarakat. Yang penting seluruh pihak bisa menjalin kekompakan yang baik, saling mendukung dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh elemen masyarakat ikut mendoakan para petugas dan pengabdi negara di tahun 2021, yakni TNI/Polri, warga sipil yang gugur dalam pengabdiannya, semoga husnul khotimah.

“Termasuk saudara-saudara kita yang ada di Lumajang Jawa Timur yang tertimpa musibah dan yang meninggal pun husnul khotimah,” tuturnya.

Sementara Wakapolres Batang Kompol Gali Atmajaya mengutarakan, Batang merupakan kabupaten yang memiliki toleransi tinggi, dalam kehidupan beragama.

“Warga yang akan merayakan Nataru memerlukan kehadiran TNI/Polri bersama Pemda, serta seluruh elemen masyarakat, sehingga bisa meminimalkan kerawanan- kerawanan yang mungkin terjadi,” terangnya.

Ia menerangkan, Polres Batang akan menggelar Operasi Lilin Candi 2021, dalam rangka Nataru.

“Operasi tersebut dimulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kami akan membentuk lima Pos Pengamanan (Pospam), untuk memberikan pelayanan sehingga masyarakat tetap merasa nyaman, serta Kamtibmas saat perayaan Nataru,” tegasnya.

Polres Batang juga akan membentuk 5 Satgas Operasi yakni preemtif, preventif, kamseltibcarlantas, gakkum, dan operasi.

“Satgas tersebut akan mengenban Harkamtibmas saat perayaan Nataru, serta mencegah penyebaran COVID-19,” ujar dia.

Ia mengharapkan, perayaan Nataru dapat berjalan lancar, setelah terjalinnya sinegi yang baik antara TNI/Polri, pemkab dan tokoh masyarakat.