52 Satker Kemenkumham Jateng Raih Penghargaan Berbasis HAM

Batang - Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah sukses mendorong 52 Satuan kerja (Satker) meraih penghargaan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) Tahun 2021 dalam puncak peringatan Hari HAM Sedunia 2021, Jumat (10/12).

Atas capaian tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin sangat mengapresiasi keberhasilan 52 Satker di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah yang memperoleh penghargaan pada peringatan hari HAM se-dunia tahun ini.

“Ini adalah prestasi luar biasa bagi kita semua bahwa lebih dari 83 % UPT sudah memberikan pelayanan publik berbasis HAM,” jelasnya.

"Sejalan dengan tuntutan kita yang harus memberikan pelayanan terbaik namun juga berbasis HAM. Harapannya tahun depan seluruh satuan kerja bisa mendapatkan penghargaan serupa," ujarnya.

Ia berharap bagi UPT yang belum mendapatkan (penghargaan P2HAM), agar segera mempersiapkan data dukungnya. Dirinya juga meyakini bahwa seluruh Satker telah melakukan pelayanan publik berbasis HAM, namun hanya terkendala administrasi untuk memperoleh penghargaan P2HAM tersebut.

Ditemui secara terpisah, Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana mengutarakan, Lapas Batang kini kembali raih penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM.

“Lapas Batang kembali meraih penghargaan tersebut untuk ketiga kalinya dari Menteri Hukum dan HAM dalam peringatan Hari HAM sedunia, merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami,” ungkapnya.

Ia menerangkan, penghargaan sebelumnya juga diraih di Tahun 2018 dan 2020. Ini menjadi motivasi agar memberikan pelayanan yang makin optimal bagi masyarakat.