Percepat Capaian Vaksinasi, Dinkes Batang Diminta Petakan Sasaran

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang makin menggencarkan percepatan vaksinasi hingga akhir Desember, dengan menginstruksikan langsung Dinas Kesehatan memetakan sasaran penerima vaksin, hingga pelosok-pelosok desa.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, sampai saat capaian vaksinasi di Kabupaten Batang mendekati target 70 persen, sedangkan Lanjut usia (Lansia) masih harus diintensifkan, agar cepat mencapai target.

“Vaksinasi dosis 1 untuk umum sudah mencapai 63 persen dan lansia 48 persen. Saya sudah perintahkan Kepala Dinkes untuk terus melakukan percepatan vaksinasi dan memetakan wilayah yang menjadi fokus dari target,” katanya, saat memimpin Apel Tiga Pilar Jelang Nataru, di halaman Mapolres Batang, Kabupaten Batang, Senin (13/12).

Selain Pemda bersama unsur TNI/Polri, percepatan vaksinasi juga butuh dukungan dari elemen organisasi kemasyaratan yang ada di Kabupaten Batang untuk ikut mendukung percepatan vaksinasi di pedesaan.

Percepatan vaksinasi yang selama ini diintensifkan selama satu bulan, agar di akhir Desember tercapai 70 persen.

“Saya paham betul suasana kebatinan anggota TNI/Polri sekarang agak kesulitan untuk mencari siapa lagi yang akan divaksin. Meski demikian, semangat untuk percepatan vaksinasi jalan terus, karena kami selalu mendukung,” tegasnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinkes Batang Didiet Wisnuhardanto menerangkan, Dinkes bersama Disdukcapil sekarang sedang berupaya mengurai data antara warga yang sudah dan yang belum menerima vaksin.

“Ada 40 ribu NIK yang belum tertata rapi, jadi kami tidak bisa mengetahui berapa jumlah warga yang sudah divaksinasi atau belum. Tapi secara bertahap sudah ada perbaikan sebanyak 8 ribu, nanti kedepan lebih baik,” pungkasnya.