Dandim Demak Ajak Masyarakat Populerkan Batik Tedunan

Demak – Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVII Korbcab REM 073 PD IV/Diponegoro Putri Nidya Citra mengunjungi sentra pembuatan batik tenun di Desa Tendunan Kecamatan Wedung, Minggu (12/12). Kunjungan disambut langsung Kepala Desa Tedunan Zaenal Arifin.

Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada seluruh masyarakat setempat. Selain itu sebagai upaya mempopulerkan keberadaan sentra batik Tedunan yang nantinya bisa menunjang di sektor pemasaran dan ekonomi  Demak

“Saya sengaja berkunjung ke sentra pembuatan batik ini, sebab yang membuat merupakan warga asal Desa Tedunan sendiri,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, batik yang merupakan warisan budaya Indonesia bukan hanya sekadar kain. Namun, dalam batik juga terdapat makna filosofis kehidupan rakyat Indonesia.

“Batik bukan hanya selembar kain bermotif, bukan hanya buah karya dan hasil tenunan, tapi di dalamnya terkandung makna filosofis kehidupan rakyat Indonesia mulai dari lahir hingga kembali kehadirat Tuhan,” katanya.

Ia berharap promosi mahakarya tersebut dapat bermanfaat dan menginspirasi utamanya ekonomi di tengah Pandemi COVID-19.

“Saya berharap promosi mahakarya ini dapat menghadirkan manfaat bagi masyarakat dan menginspirasi banyak sekali masyarakat kita terutama manfaat ekonomi di tengah tantangan pandemi yang kita hadapi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo mengajak prajurit dan persit di lingkungannya untuk membeli batik terutama dari para produsen atau UKM sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab pelestarian warisan budaya nusantara.