SMPN 17 Pekalongan Salurkan Bantuan ke Murid Terdampak Banjir Rob

Kota Pekalongan - Sebagai wujud peduli kasih, SMP Negeri 17 Kota Pekalongan menyalurkan bantuan ke siswa/siswinya yang terdampak bencana banjir rob yang telah melanda lebih dari sebulan. Penyaluran bantuan dipusatkan disalah satu wilayah terdampak banjir rob,yakni di wilayah Clumprit, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara pada Sabtu (11/12).

Bantuan yang dibagikan berupa makanan pokok sebanyak 100 paket untuk 100 peserta didik. Bantuan ini diinisiasi atas sukarela dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Humas, Guru, Staf Administrasi, Tata Usaha (TU) dan anak-anak OSIS. Bantuan ini pun direncanakan akan dilakukan berkelanjutan hingga merata ke seluruh peserta didik lain yang turut terdampak banjir rob.

Kepala SMP Negeri 17 Pekalongan, Endang Sunaryati menyampaikan bahwa bantuan ini bisa terwujud karena tingginya rasa peduli seluruh elemen di SMP Negeri 17 Pekalongan.

“Pada hari ini merupakan kegiatan SMP Negeri 17 Pekalongan peduli dampak rob yang dialami peserta didik. Humas, Wakil Kepala Sekolah dan Seluruh Guru dan Staf juga Anak – Anak OSIS, semua terlibat. Adapun dana yang terkumpul senilai lebih dari Rp 3 Juta yang dibelanjakan sebanyak 100 paket untuk 100 peserta didik. Isinya makanan pokok yang mana diberikan ke peserta didik yang terdampak rob. Ini dikumpulkan atas dasar sukarela,” ungkap Endang.

Endang berharap, anak-anak terdampak rob ini memiliki jiwa yang tangguh dan sikap positif dalam menghadapi segala permasalahan. Selain itu, kegiatan ini bisa menginspirasi oranglain untuk tergerak peduli terhadap sesama.

“Semoga mereka memiliki jiwa yang tangguh dan memiliki sikap secara positif untuk menyikapi gejala-gejala yang timbul didalam kehidupan mereka. Sehingga, mereka bisa semangat terus dalam belajar. Tidak larut kesedihan karena terdampak bencana,” terangnya.

Senada diungkapkan oleh Ketua Panitia sekaligus Bagian Kurikulum Rahayu Risdiyanto Rahayu bersyukur, adanya rasa peduli yang tinggi dari elemen SMP Negeri 17 Pekalongan,sehingga proses penyaluran bantuan juga dapat berjalan lancar.

“Prosesnya berjalan lancar berkat semua elemen di sekolah ini, Kepala Sekolah sampai dengan guru dan staf TU serta tenaga administrasi lainnya. Alhamdulillah respon penerima sangat bagus sekali. Ini nanti harapannya bisa ditindaklanjuti kedepannya," tutur Rahayu

Rahayu mengharapkan,ke depannya agar bantuan semacam ini tak hanya disalurkan ke anak – anak peserta didik yang terdampak banjir rob. Akan tetapi, bisa juga menyeluruh ke masyarakat sekitar lainnya.

“Mungkin lebih luas tidak hanya kepada siswa tapi juga kepada masyarakat sekitar,” imbuh Rahayu.

Penyaluran bantuan ini disambut positif oleh satu peserta didik kelas 8 C selaku penerima bantuan, Rahma Apriliyana, yang bersyukur dan senang bisa menerima bantuan.

“Alhamdulillah senang sekali. Harapannya ada kelanjutan dan bisa ditingkatkan lagi. Kami membutuhkan bantuan, tanggulnya diperbaiki sama jalannya diuruk, mudah-mudahan banjir rob tidak terjadi lagi di Kota Pekalongan," pungkasnya.