Pj Sekda Muara Enim Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Thabrani membuka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Tahun 2021 yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim, di Griya Hotel Serasan Sekundang, Senin (13/12).

Di hadapan Tim Penanggulangan Bencana BPBD Muara Enim, Emran mengatakan bahwa sangatlah penting dilakukan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, Karena, menurutnya, suatu bencana terjadi tanpa bisa ditebak dan untuk itu perlunya kesiapsiagaan melaksanakan antisipasi bencana.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat dicegah sedini mungkin terjadinya bencana, paling tidak dapat menghindari dan mengurangi risiko dampak bencana. Terlebih, terjadi bencana bukan suatu yang bisa ditebak," ujarnya.

"Selain itu, perlu dipertajam untuk mempetakan wilayah - wilayah yang rawan bencana di Muara Enim seperti banjir, angin puting beliung, dan longsor. Kemudian, lakukan juga pemetaan bangunan rawan kebakaran, untuk bisa di lihat dari sisi bangunannya," lanjutnya.

Tidak hanya itu, Emran menegaskan bahwa mitigasi dan penanggulangan bencana membutuhkan kerja sama tim lintas sektor. Dalam hal ini, Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Sosial serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terkait lainnya harus saling mendukung.

"Mitigasi dan penanggulangan bencana perlu adanya kerja sama seluruh OPD, termasuk jajaran Forkopimda dan Stakeholder lainnya. Dan pelatihan ini penting sebagai upaya untuk mengurangi risiko, paling tidak jiwa dan menyelamatkan harta benda," ungkap Emran.

Turut hadir, Kepala BPBD Muara Enim Abdul Rizieq Putra, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Muara Enim, dan peerwakilan OPD terkait.