Kota Tomohon Bersiap Menuju "Universal Work Coverages"

Tomohon - Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Roring mengatakan daerah berpenduduk lebih 100 ribu jiwa tersebut bersiap menuju "Universal Work Coverages".

"Pertemuan pemerintah kota dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Minahasa Agnes Pujiastuti membahas monitoring evaluasi menuju 'Universal Work Coverages'," ujar dia di Tomohon, Selasa (14/12).

Dia menjelaskan Pemerintah Kota Tomohon telah melaksanakan penilaian tahap awal keikutsertaan pada penghargaan "Paritrana Award".

Saat ini, sebanyak 35.356 pekerja di daerah itu telah mengikuti program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) BPJS Ketenagakerjaan.

Peserta Jamsostek ini terdiri atas pekerja rentan 32.667 orang dan pegawai nonaparatur sipil negara 2.689 orang.

Terkait dengan kontribusi tersebut, Pemerintah Kota Tomohon menerima penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas inisiatif dan dukungan penuh dalam perlindungan Jamsostek bagi pekerja rentan dan pegawai non-ASN.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo kepada Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk.

Capaian ini, menurut dia, karena Pemerintah Kota Tomohon tertinggi pertama dari 15 kabupaten/kota di Sulut atas kontribusinya terhadap perlindungan jaminan sosial bagi pegawai non-ASN dan pekerja rentan.