Pemkab Muara Enim Raih Penghargaan Smart City dari Kominfo

Muara Enim -  Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan meriah penghargaan kategori "Smart Branding" pada Gerakan Menuju 100 Smart City di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Selasa (14/12).

Penghargaan yang secara langsung diberikan oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate tersebut menjadi bukti keseriusan Pemkab Muara Enim dalam membantu pemerintah pusat untuk mensukseskan Gerakan Menuju Smart City.

Dilansir melalui Humas Kementerian Kominfo RI, Menteri Johnny G Plate mengatakan, pengembangan smart city di Indonesia pada tahun ini diperluas menjangkau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Menurutnya, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 dan Pemerintah fokus untuk mempercepat pemulihan sektor itu.

"Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, terdapat 70 kota dan kabupaten yang terlibat dalam pengembangan smart city pada tahun 2021, sedangkan 48 kota dan kabupaten diantaranya menjalani proses bimbingan intensif selama lebih dari empat bulan.

"Dalam pengembangan smart city diperlukan sebuah tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan serta yang akuntabel sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup bagi masyarakat kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muara Enim Ardian Arifanardi mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil sinergisitas dari seluruh elemen perangkat daerah lingkup Pemkab Muara Enim.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah Enim yang ikut andil dalam kegiatan evaluasi SPBE di Muara Enim mari kedepannya kita tingkatkan lagi sinergisitas ini demi membangun Bumi Serasan Sekundang yang kita cintai ini menjadi lebih maju dan berkembang," pungkas Ardian.