Diskominfo Batang Segera Realisasikan Beragam Layanan Dalam Genggaman

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang segera merealisasikan amanat dari Bupati Batang Wihaji untuk membuat suatu aplikasi yang di dalamnya terdapat beragam layanan. Aplikasi itu nantinya dapat diakses dengan mudah karena semua aplikasi layanan ada dalam satu genggaman.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, untuk memudahkan masyarakat, Pemerintah daerah Batang sedang merancang sebuah aplikasi yang dapat merangkum semua layanan.

“Kepala Diskominfo sudah saya perintahkan untuk membuat satu barcode, biar mempermudah pelayanan, tidak banyak aplikasi, sehingga masyarakat mudah mengakses informasi apapun hingga kinerja Pemkab Batang,” katanya, saat ditemui, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Batang, Rabu (15/12).

Ia mengharapkan, masyarakat untuk sedikit bersabar, karena Diskominfo sedang merancang aplikasi itu, termasuk sedang memikirkan nama yang tepat, agar mudah diingat.

“Yang penting dibuat sistemnya dulu, baru nanti kita karang namanya, apakah Batang Membaca, atau nama lainnya,” tuturnya.

Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto menyampaikan, tugas untuk membuat barcode yang bisa menjangkau seluruh layanan publik, sedang dirancang oleh tim teknologi dan informasi.

“Barcode itu nantinya menampung sekian banyak aplikasi yang ada di Kabupaten Batang. Masyarakat tidak perlu mengunduh aplikasi satu per satu, tapi cukup dalam satu barcode itu sudah memuat secara keseluruhan, sehingga pengguna tinggal memilih dan mencari informasi atau layanan semua sudah ada,” terangnya.

Ia menerangkan, beberapa aplikasi yang dapat dimasukkan dalam barcode tersebut, antara lain: Batang Smart Region, Dotukura dan aplikasi yang dimiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akan dijadikan satu.

“Di dalamnya juga akan dimasukkan informasi seputar destinasi wisata, kuliner, hotel yang semua masuk di aplikasi Batang Smart Region. Targetnya di Januari sudah bisa di-launching,” pungkasnyal.