Stok Durian Batang Melimpah, Pembeli Naik Dua Kali Lipat

Batang - Desember tahun ini menjadi awal kebahagiaan petani durian lokal, salah satunya, Heri Trisanto (30), warga Desa Siguci, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Karena panen durian tahun ini sangat melimpah bahkan meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah dengan cuaca yang mendukung dapat panen lebih banyak hingga meningkat dua kali lipat dari tahun kemarin yang masih pada muncaknya pandemi COVID-19 dibarengi juga cuaca angin kencang,” katanya saat ditemui, Jumat (17/12).

Panen durian lokal yang diperoleh pada awal musim hingga panen raya diperkirakan pada Januari 2022 dapat memproduksi 20.000 buah.

“Pada awal panen seperti sekarang ini saja, sudah bisa menghasilkan 50 buah dalam satu pohonnya. Padahal saya memiliki ada sekitar 30 pohon durian lokal yang dikembangkan. Bahkan karena permintaan yang banyak, saya juga turut membeli durian untuk ditanam di tetangga sekitar rumah.

Dijelaskannya, rasa durian lokal memiliki tekstur legit, manis dan ada pahitnya sedikit, ini juga cukup laris dipasaran, bahkan banyak yang datang dari luar daerah seperti Kendal, Pemalang, Semarang.

Harga durian lokal yang dijual mulai dari Rp30.000 per buah untuk yang ukuran kecil, Rp75.000 per buah untuk ukuran sedang, dan Rp150.000 per buah untuk ukuran yang sangat besar. Pemasaran durian lokal sendiri memakai aplikasi Whatshapp untuk menarik para pecinta durian dengan postingan.

“Pecinta durian biasanya juga datang ke lokasi kios yang berada di Depan Kecamatan Wonotunggal dan Desa Pasekaran, minta dipilihkan untuk makan ditempat atau dibungkus dengan kualitas buah yang memiliki rasa ciri khas tersendiri untuk durian lokal,” pungkasnya.