Diskominfo Demak Gelar Sosialisasi "BerAKHLAK"

Demak – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahya Rini melakukan Sosialisasi Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" sebagai nilai dasar dan semboyan yang sama bagi seluruh ASN untuk melaksanakan tugasnya dalam melayani publik, di halaman Diskominfo, Jumat (17/12).

Peluncuran nilai dasar ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah. Nilai dasar "berAKHLAK" merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Pada kesempatan tersebut, Endah mengingatkan bahwa ASN tidak boleh hanya sekadar hafal saja dengan "berAKHLAK", namun harus paham betul dengan nilai-nilai yang sudah diterapkan.

“Berorientasi Pelayanan, yaitu keinginan memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Memahami kebutuhan dan mengutamakan kepuasan masyarakat, contohnya seperti ada tamu datang ke kantor, kita wajib cepat dalam melayaninya. Kemudian Akuntabel, yaitu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan, jadi melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi dalam setiap pekerjaan,” ungkapnya.

“Selanjutnya kompeten, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, seperti meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Selanjutnya Harmonis, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan, menghargai setiap orang apapun latar belakangnya. Kemudian Loyal, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, seperti menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi, dan negara," terangnya

Lanjutnya, “Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan, cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik dan Kolaboratif, yaitu membangun kerja sama yang sinergis, Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi," jelasnya.

Endah berharap supaya para keluarga Dinas Kominfo ini mampu menjalankan tugasnya dan bangga melayani bangsa “berAKHLAK” sesuai dengan core value yang sudah ditetapkan.