Hari Bela Negara, Pemkot Pekalongan Tekankan Bahu Membahu Lawan Pandemi

Kota Pekalongan - Memperingati Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Apel Peringatan Bela Negara Tahun 2021 yang berlangsung di Halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (20/12/).

Bertindak menjadi Pembina Apel yakni Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin yang turut diikuti oleh segenap pegawai ASN dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut Salahudin menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo. Dalam amanatnya disampaikan bahwa, peringatan Hari Bela Negara ke-73 menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. Salah satu wujudnya adalah bahu-membahu dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Perkokoh semangat bela negara dan bahu-membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi COVID-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," ujar Salahudin saat membacakan amanat Jokowi.

Menurut Salahudin, dalam Peringatan Hari Bela Negara ini, masyarakat diingatkan akan pentingnya memiliki kewajiban dan semangat bela negara, terlebih dalam menghadapi masa pandemi,salah satunya dengan peduli terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi dan terdampak bencana. Pihaknya mengapresiasi atas kinerja ASN Pemkot Pekalongan yang sudah mengalokasikan sekian persen dari gajinya untuk membantu masyarakat kurang mampu dan terdampak pandemi baik melalui Baznas maupun program KORPRI Peduli.

“Jika mereka dibantu otomatis ketaatan kepada para ASN atau pemangku kepentingan di wilayah itu lebih tinggi karena mereka terbantu pada saat kesulitan. Jika dalam kondisi kesulitan mereka terabaikan, acuh tak acuh, jangan harap masyarakat akan patuh terhadap kebijakan pemerintah. Dengan sikap saling membantu itu bisa mempererat hubungan yang baik antara masyarakat dengan pemimpinnya,” tandasnya.