Bupati Batang Raih Penghargaan Pembawa Perubahan Inspiratif dan Visioner

Batang - Bupati Batang Wihaji mendapat penghargaan dari 7Sky Media kategori Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Pembawa Perubahan Inspiratif dan  Visioner Indonesia.

Penyerahan penghargaan bergengsi tersebut di terima oleh Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Sendang Kamulyan Kabupaten Batang, Yulianto yang berlangsung di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Jumat (17/12) lalu.

Ia dinilai mampu membawa pembaruan Kabupaten Batang di Indonesia. Dalam kepemimpinanya membuat sebuah gebrakan revolusioner diri dan  bertransformasi penuh arti bagi diri mereka dan lingkungan.

Dalam kepemimpinanya, Wihaji juga mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi. Serta berjasa dalam upaya membuka cakrawala kreatif sebagai tolak ukur karya putra bangsa.

“Dalam penilaian itu mengacu pada capability, integrity, credibility, track record, vision, power, carying, communication, innovation dan creation opportunities dengan atribut pengukuran seperti memiliki keseimbangan karakter dan konsep,” katanya saat ditemui di ruang Kerjanya, Senin (20/12).

Perubahan percepatan yang menyolok dalam mengabdikan diri sebagai Bupati Batang. Wihaji menginisasi Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang mendapat support penuh dari Presiden RI Joko Widodo dengan mengeluarkan kebijakan KITB masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kawasan Industri tersebut pun mampu bersaing dengan berbagai negara dengan tujuan cipta lapangan kerja. Diprediksi 10 tahun kedepan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 150 ribu orang,” jelasnya.

Dalam kurun waktu dua tahun berjalan nilai investasi Penanam Modal Asing (PMA) di KITB sudah mencapai Rp4,9 trilun.

Lebih lanjut dia menerangkan, tak hanya itu, Bupati Batang pun mampu meperjuangkan BUMD memilki saham 10 persen di KITB.

“Saya apresiasi dan terimakasih atas penghargaan ini, semoga kedepan lebih baik dengan tetap menjaga kualitas kuantitas dan kontinuitas. Karena itu sebagai kunci dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan, sebagai perusahaan yang melayani penyedian air minum tidak hanya mengejar keuntungan semata, tapi juga bertujuan untuk kehidupan sosial masyarakat.

“Perumda Sendang Kamulyan bukan hanya profit oriented, tapi juga ada social oriented yang semua itu untuk melayani masyarakat Kabupaten Batang,” tuturnya.

Ia pun meminta, Perumda Sendang Kamulyan agar tetap komitemen memberikan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan  kepada masyarakat.

“Sehingga ini penting karena sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Perumda Sendang Kamulyan Yulianto mengatakan, prestasi ini merupakan buah dari kerja keras dan komitmen Bupati Batang serta kerjasama dari seluruh pegawai Perumda Sendang Kamulyan.

Tidak hanya itu, dukungan dari Dewan Pengawas, DPRD, mitra kerja Water.org dan juga dukungan masyarakat sangat penting dalam meraih prestasi ini.

“Syukur alhamdulilah, Bupati Batang Wihaji penghargaan dari 7Sky Media kategori Pembina BUMD, Bupati Pembawa Perubahan Inspiratif dan Visioner Indonesia,” ungkapnya.

Diantara keberhasilan yang dilakukan Perumda Sendang Kamulyan itu meliputi pencapaian 5 target standar pelayanan.

“Keberhasilan ini dinilai dari 5 target standar pelayanan yakni kualitas, kuantitas, kontinuitas, Kumunikasi dan Keterjangkauan masyarakat membayar. Ini menjadi prestasi layanan terbaik,” tegasnya

Tidak hanya itu,  Perumda Sendang Kamulyan juga dinilai memiliki kepedulian kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan memberikan subsidi pemasangan sambungan rumah Rp500 ribu kepada pelanggan baru yang sisanya bisa  diangsur.

“Kami juga dinilai memiliki kinerja baik dalam kepemimpinan dan menagemen serta dapat memberikan kontribusi yang baik untuk Pemkab Batang dalam bentuk dividen, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Kabupaten Batang,” terangnya.

Ia juga berharap, penghargaan ini bisa memacu seluruh karyawan untuk selalu berprestasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga dapat lebih menggairahkan lagi dalam pengelolaan Perumda Sendang Kamulyan  ke depan.