636 Inovasi Bersaing Dalam Ajang Wonogiri Innovation Award 2021

Wonogiri - Sebanyak 636 inovasi telah selesai melalui tahap penjurian Wonogiri Innovation Award (WIA) Tahun 2021. Pengumuman dan penyerahan penghargaan bagi para juara WIA 2021 dilaksanakan Senin (20/12), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Pada acara yang sama, diumumkan juga hasil penilaian Lomba Krenova Tahun 2021.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Wonogiri Heru Utomo menyampaikan bahwa pelaksanaan WIA dan Krenova tahun ini sudah menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi Gebaong Indah (Gerakan Sesarengan Mbangun Inovasi Daerah). Penggunaan aplikasi ini, memudahkan para inventor untuk melakukan upload dan submit inovasi serta memantau pelaksanaan WIA dan Krenova.

“Selain memudahkan para inventor, dengan melalui Gerbang indah ini, kami mengalami kenaikan  pesat pendaftar inovasi dan krenova. Kalau di tahun 2020 kami masih manual itu pendaftarnya sekitar 250 inovasi, tahun ini pendaftarnya mencapai 636 inovasi dan 39 krenova,” tuturnya.

Heru menjelaskan penjurian WIA dilakukan atas lima kategori yakni kategori Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Inovasi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Inovasi Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA/SMK, Inovasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Inovasi Desa/Kelurahan.

Tahapan Penilaian  Indeks Inovasi Daerah dan data dukungnya dilakukan melalui Aplikasi Gerbang Indah Wonogiri dan dilaksanakan Presentasi bagi yang masuk Nominator. Kemudian Penilaian Nominator oleh Juri Wonogiri Innovation Awards Tahun 2021 dilaksanakan oleh Tim Independen yang berasal dari unsur Pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Akademisi, LSM dan Praktisi/HIPMI Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan Kategori Lomba Krenova terbagi dalam sembilan kategori, yakni Fokus Bidang Agribisnis dan Ketahanan Pangan, Fokus Bidang Energi Baru dan Terbarukan, Fokus Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Fokus Bidang Kesehatan, Obat-obatan dan Kosmetika, Fokus Bidang Pendidikan, Fokus Bidang Rekayasa Teknologi dan Manufaktur, Fokus Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fokus Bidang Industri Kreatif, dan Fokus Bidang Sosial Budaya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam bagian sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para nominator dan juara inovasi yang telah melahirkan inovasi dan karya luar biasa. Menurutnya, perkembangan jaman mendorong OPD untuk terus berbenah, desa mulai berkompetisi dalam pembangunan, para pendidik yang terus melahirkan kreasi dan inovasi di bidangnya.

“Ini menunjukkan suatu upaya dan suatu niat untuk kita memberikan yang terbaik dari dan bagi masyarakat Wonogiri,” ujar Bupati.

Bupati berharap, lahirnya inovasi ini tidak hanya akan berhenti pada tahap penilaian WIA 2021. Bupati dengantegas berpesan agar setiap inovasi harus diikuti dengan kontribusi, konsistensi serta pengembangan dan keberlanjutan pelaksanaan inovasi tersebut.

“Sebaik apapun karya yang dihasilkan, kalau kita tidak punya komitmen dan konsistensi di lapangan, maka sistem ini tidak akan berdaya dan berdampak besar bagi masyarakat kita,” tuturnya.

Pemenang WIA dan Krenova masing-masing menerima trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.