Ririmasse Resmi Dilantik Sebagai Sekot Ambon Definitif

Ambon - Kota Ambon, Provinsi Maluku, akhirnya memiliki Sekretaris Kota (Sekot) definitif, dengan dilantiknya Agus Ririmasse Selasa (21/12), di Tribun Lapangan Merdeka.

Ririmasse secara resmi akan menggantikan A.G. Latuheru sebagai Sekot yang telah memasuki purna bakti pada 1 Desember lalu dan dilanjutkan sementara oleh Plh Rulien Purmiasa.

 

Kepastian Ririmasse akan dilantik sebagai Sekot, disampaikan langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Senin (20/12) di Balai Kota, usai memimpin rapat staf terkait persiapan pelantikan dimaksud.

“Sekot dilantik pukul 16.00 Wit di Tribun Lapangan Merdeka. Sekot yang baru atas nama Agus Ririmasse,” kata wali kota.

Dirinya menjelaskan, alasan Ririmasse dipilih sebagai sebagai Sekot defenitif, setelah mempertimbangkan seluruh aspek, yakni pengalaman, dedikasi kecerdasan, tanggungjawab, serta kepemimpinan.

“Selain itu setelah mengadakan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Maluku dimana Gubernur merespon dengan sukacita,” jelasnya.

Dikatakan Walikota dari enam peserta Seleksi Terbuka Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dalam jabatan Sekot Ambon, ada tiga nama yang direkomendasikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yaitu, Agus Ririmasse, Enrico Matitaputty, dan Samuel Huwae.

“Setelah saya memberikan pertimbangan, Gubernur juga memberikan pertimbangan akhirnya Agus Ririmasse yang terpilih sebagai Sekot defenitif,” bebernya.

Dikatakan wali kota, keenam orang yang mengikuti seleksi terbuka calon Sekot adalah para pejabat yang terbaik baik di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon maupun di luar Pemkot, namun akhirnya satu nama harus dipilih berdasarkan rekomendasi dan konsultasi dengan berbagai pihak.

“Jadi kita pilih dan angkat yang terbaik diantara yang terbaik, berdasarkan hasil seleksi dan konsultasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Gubernur yang sangat bijak memberikan pertimbangan dan disampaikan secara tertulis,” pungkasnya.

Siapa sosok Agus Ririmasse? Pria kelahiran Ambon, 22 Februari 1975 tersebut telah memiliki berbagai pengalaman jabatan dalam birokrasi, dimana sejak 2020- sekarang, dirinya masih menjabat sebagai Asisten I dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Lulusan STPDN tahun 1997 itu, juga kaya pengalaman berorganisasi, diantaranya sebagai Ketua Ikatan keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Kupang periode 2012 -2015 dan 2015-2018, Ketua Perbasi dan Ketua Forki Kota Kupang 2018-2022, serta Wakil Ketua MPI KNPI Kota Kupang Masa Bakti 2019-2022.

Beberapa penghargaan yang telah diterima Ririmasse selama kariernya antara lain Penghargaan dari Ombudsman RI tentang kepatuhan pelayanan Adminduk Tahun 2020, Penghargaan Internasional Standarisasi Organitation (ISO) dari Sucofindo, dan penghargaan dari BSDM Provinsi Jawa Timur dalam meraih prestasi Istimewa terbaik alam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk.II di Sumba Tahun 2020.