Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19, Ruang Buketan RSUD Bendan Disiagakan

Kota Pekalongan - Meski saat ini kondisi kasus perkembangan COVID-19 di Kota Pekalongan sudah jauh lebih kondusif, namun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan Kota Pekalongan sebagai salah satu rumah sakit rujukan terus menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi kelonjakan kasus COVID-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru, salah satunya dengan selalu menyiagakan sejumlah kamar di Ruang Buketan sebagai ruang khusus pasien Corona.

Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan dr Junaedi Wibawa menjelaskan bahwa di Ruang Isolasi khusus COVID-19 di Ruang Buketan tersebut memang sejak Oktober lalu telah nihil pasien (kosong). Junaedi menyebutkan, dalam Ruang Buketan tersebut, memang ada area yang sejak dulu khusus untuk penanganan pasien COVID-19.

“Ada enam tempat tidur, yang lain sampai mencapai 31 tempat tidur itu kan setelah pasien Covid-19 meningkat pada saat itu,” ucapnya usai Peresmian Ruang VVIP, VIP dan Layanan BEMBI RSUD Bendan, Selasa (21/12).

Pihaknya menjelaskan, namun sementara untuk saat ini, enam tempat tidur di ruang itu tidak terpakai untuk apa-apa, kendati demikian tempat-tempat tidur itu dipersiapkan khusus pada saat sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus pasien COVID-19 kembali di Kota Pekalongan.

“Sedangkan 25 tempat tidur sekarang sudah kita alihkan untuk pasien umum lainnya. Saat ini kondisi pasien terkonfirmasi COVID-19 di RSUD Bendan sudah kosong sejak Oktober lalu,” pungkasnya.