Nataru, Satlantas Polres Batang Tiadakan Penyekatan

Batang - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang meniadakan penyekatan di jalur tol maupun Pantura saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Dhaneswari mengatakan, meskipun penyekatan ditiadakan, namun pihak Satlantas akan menggantinya dengan pemasangan stiker bagi pengemudi kendaraan roda empat.

“Saya pastikan dalam pelaksanaannya tidak ada penyekatan, namun rencana akan dilakukan penempelan stiker, baik bagi pengemudi dari arah Jawa Barat ke Jawa Tengah maupun sebaliknya,” katanya, saat ditemui usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021, di halaman Mapolres Batang, Kabupaten Batang, Kamis (23/12).

Ia menerangkan, stiker itu menandakan bahwa si pengendara maupun penumpang di dalam kendaraan itu, telah mendapatkan dua kali vaksinasi dan swab antigen yang dinyatakan negatif.

“Saat ini adalah momentum yang baik, karena pemerintah mewajibkan masyarakat untuk divaksinasi sebanyak dua dosis. Maka manfaatkan kesempatan untuk divaksinasi karena Pemkab Batang telah memberikan kemudahan akses di masing-masing Puskesmas dan kecamatan,” jelasnya.

Ia memastikan, nantinya para petugas akan melakukan pengecekan di masing-masing pos pengamanan.

“Ada lima pos pengamanan yakni Pos Terpadu Alun-alun Batang, dua Pos Pengamanan di Get Tol Kandeman dan Kalibeluk dan dua Pos Pengamanan Terpadu Rest Area 379A dan 360B,” terangnya.

Dijelaskannya, petugas akan melakukan pengecekan dari Gerbang Tol Brebes sampai seluruh wilayah Jawa Tengah.

“Petugas kami sudah berkolaborasi dengan Dinkes, maka pengemudi akan mendapatkan layanan vaksinasi dan swab antigen secara gratis. Jangan lupa mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk mempercepat pengecekan,” tegasnya.

Ia memastikan, untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) memang tidak diizinkan cuti, namun bagi masyarakat umum harap menyesuaikan imbauan yang telah ditetapkan.

“Kami juga membentuk tim urai yang terbagi di tiga titik, yang mayoritas diterjunkan di Pos Pengamanan Terpadu Alun-alun khusus untuk mengatasi apabila terjadi lakalantas dan peristiwa lain di jalur Pantura,” ungkapnya.

Ia mengutarakan, apabila pengendara kendaraan pribadi melewati arus dari Pekalongan dialihkan, Satlantas menyiapkan jalur alternatif di Stadion Moh Sarengat menuju Yos Sudarso - Sigandu hingga Sultan Agung.

“Untuk kendaraan berat seperti truk kontainer tetap diizinkan melewati jalur Pantura,” ujar dia.

Ia menambahkan, jika nantinya pihak dari Tol Pejagan menginformasikan untuk satu jalur dari arah barat, Satlantas akan berupaya menyeterilkan di Tol 360 dan diarahkan ke luar Tol Kandeman.